Pemerintah Perkirakan Besok Puncak Mudik

Mudik 2011
Sumber :
  • ANTARA/ Dhoni Setiawan

VIVAnews - Volume kendaraan pemudik mulai memadati ruas-ruas jalan di sepanjang jalur Pantai Utara atau Pantura. Kepadatan juga terlihat di beberapa pelabuhan di daerah yang akan membawa penumpang ke Pulau Jawa.

"Berdasarkan pantauan CCTV, pagi ini sudah ada peningkatan di Simpang Jomin, Cikampek," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, Bambang S Ervan, dalam perbincangan dengan VIVAnews, Rabu 15 Agustus 2012.

Simpang Jomin merupakan konsentrasi yang menjadi langganan macet setiap tahun. Persimpangan ini merupakan titik temu antara kendaraan bermotor yang berasal dari jalur non-tol dengan mobil-mobil yang keluar dari ruas tol Jakarta-Cikampek.

Biasanya, bila kepadatan yang terjadi cukup signifikan, petugas akan melakukan pengalihan arus. Bambang melanjutkan, kepadatan juga terlihat di pelabuhan-pelabuhan Kalimantan.

"Pelabuhan Kumai di Kalimantan Tengah, Pelabuhan Sampit, dan di Balikpapan terlihat cukup padat. Pemudik di titik itu akan menuju Jawa," kata Bambang.

Di tiga pelabuhan yang disebut Bambang tadi memang disiapkan kapal-kapal pengangkut berkapasitas besar. Kapasitas penumpang antara 1.500 sampai 2.000 penumpang.

"Kami berharap masyarakat bisa menggunakan waktu hari ini, karena diperkirakan besok merupakan puncak mudik dan akan sangat padat. Imbas puncak mudik bisa sampai hari Jumat," ujar Bambang.

Peremajaan Sawit Jauh dari Target, Airlangga: Hanya 50 Ribu Hektare per Tahun
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

CEO Freeport Temui Jokowi di Istana, Bahas Smelter hingga Perpanjangan Izin Tambang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan petinggi perusahaan tambang, Freeport McMoran di Istana Kepresidenan Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024