Hari Ini, Jalur Gentong Sudah Bisa Dilalui

Jalur Lingkar Gentong, Tasikmalaya
Sumber :
  • Antara/ Fahrul Jayadiputra

VIVAnews - Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menyatakan bahwa jalur alternatif baru Gentong, Tasikmalaya, sudah resmi digunakan mulai hari ini, Rabu, 15 Agustus 2012. Djoko mengatakan, jalur sepanjang 1,2 kilometer ini sudah bisa dilalui bus-bus besar dan kendaraan pribadi. 

Nasib Tragis Kucing Okin: Dikabarkan Mati, Rachel Vennya Ungkap Fakta Mengejutkan!

"Hari ini sudah resmi beroperasi," ujar Djoko saat meninjau jalur baru Gentong, Tasikmalaya, Rabu, 15 Agustus 2012.

Meski sudah bisa dilewati, ujar Djoko, jalur ini masih minim penerangan. Lebih lanjut Djoko mengatakan, jalur baru Gentong sebenarnya dioperasikan secara darurat yang berfungsi mengurai kemacetan di jalur Gentong menuju Nagrek.

Berikut Adalah Part Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Digunakan Mudik Lebaran

Jika jalur ini dioperasikan maka jalur Gentong akan mempunyai jalur yang terpisah antara jalur yang melaju ke arah Nagrek dan ke arah Bandung. “Jalur yang lebih atas akan digunakan untuk jalan dari arah Nagrek menuju Bandung, sedangkan jalur yang di bawahnya akan sebaliknya,” ucap Djoko.

Kemiringan jalur ini, kata Djoko, mencapai sekitar 8-10 persen. Notabena lebih kecil dari kemiringan dari jalur yang lama. Hal ini, ujar Djoko, akan memudahkan para pemudik untuk melalui jalur Gentong.

Misi Pemerintah Lewat Transformasi Digital Capai Target Pertumbuhan Ekonomi 5,2% di 2024

Jalur inipun, lanjut dia, juga masih kekurangan rambu lalu lintas, sehingga nanti akan ada petugas yang berjaga atau bisa juga dengan membuat rambu-rambu darurat. Selain itu menurut Djoko jalur ini juga masih mempunyai kemungkinan longsor.

“Karena sisinya masih bukit,” ujarnya.

Untuk mencegah dan mengantisipasi adanya longsor tersebut, Kementerian PU akan mempersiapkan alat berat di sekitar lokasi yang dinilai rawan. Djoko menuturkan, jalur baru ini baru akan disempurnakan ketika arus balik telah selesai.

“Nanti setelah arus balik baru jalur ini kita tutup dan kita selesaikan sampai 100 persen,” ucapnya. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya