VIDEO: Cuaca Cerah, Hilal Bisa Terlihat

petugas rukyat meneropong posisi hilal
Sumber :
  • ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang

VIVAnews - Tim Falakiyah NU Gresik, Jawa Timur, memperkirakan hilal 1 Syawal akan terlihat Sabtu sore, 18 Agustus 2012. Bila ketinggian hilal saat ini dipastikan berada 7 derajat di atas ufuk, maka Lebaran nasional bisa dipastikan jatuh pada hari Minggu, 19 Agustus 2012 besok.

Guna memantau hilal awal bulan Syawal, tim falakiyah NU Gresik telah memasang sejumlah peralatan di balai Rukyat Condro Dipo, sejak siang tadi. Pengecekan peralatan juga dilakukan untuk memastikan peralatan tersebut berfungsi dengan baik.

Salah satu anggota falakiyah Abdul Muid mengatakan, bahwa cuaca cerah pada siang dan menjelang sore ini sangat mendukung tim mengukur posisi dan arah secara valid. Pada sore hari bisa dipastikan hilal sudah bisa dengan mudah dilihat mata telanjang dan Lebaran bisa dipastikan besok.

Meski demikian, penentuan Lebaran akan tetap mengambil keputusan sidang isbah yang akan digelar Kementerian Agama (Kemenag) pada sore ini.

Disampaikan Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama RI, Zubaidi, persiapan sidang isbat sudah matang. Dalam sidang nanti, bila keputusan bahwa hilal sudah terlihat, maka pemerintah akan menetapkan Lebaran jatuh pada Minggu, 19 Agusuts 2012.


Lihat pantauan hilal tim falakiyah NU Gresik

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara
Sisterhood Modest Bazaar

Sisterhood Modest Bazaar, Berburu Baju Lebaran Hingga Menu Berbuka

Pada bulan Ramadhan dan menyambut datangnya Hari Raya, Modinity kembali hadirkan Sisterhood Modest Bazaar pada 27-30 Maret 2024 di The Hall, Senayan City

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024