NASIONAL

Rekor Muri, Bakar Ikan Sepanjang 7,2 Km

Memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang Kabupaten Halmahera Barat.

ddd
Senin, 27 Agustus 2012, 06:27 Elin Yunita Kristanti, Harry Ondo Saragih (Medan)
(ilustrasi) bakar ikan warga Tapteng pecahkan rekor Muri
(ilustrasi) bakar ikan warga Tapteng pecahkan rekor Muri (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

VIVAnews -- Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara berhasil mencatatkan namanya di Museum Rekor Indonesia (Muri) setelah sukses mengadakan acara bakar ikan di tepi pantai hingga mencapai panjang 7,2 kilometer dan menghabiskan ikan sebanyak 9,5 ton pada tanggal 23 Agustus 2012 lalu.

Rekor ini sekaligus memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Kabupaten Halmahera Barat, Maluku utara yang juga pernah melakukan hal yang sama sepanjang 6 kilometer.

Acara bakar ikan ini didukung oleh masyarakat Tapteng dan wisatawan yang sedang berada di Kabupaten berjuluk, "Negeri Sejuta Pesona" tersebut. Dimulai dari pantai Sibintang, kecamatan Sosorgadong sampai ke Kecamatan Barus, Tapteng dengan dihadiri ribuan orang yang berpartisipasi dalam acara ini.

Bupati Tapteng, Bonaran Situmeang mengatakan berhasilnya daerahnya memecahkan rekor MURI merupakan salah satu semangat yang dihadirkan oleh masyarakat Tapteng di hari jadi ke 67 tahun Tapteng yang jatuh tepat pada tanggal 24 Agustus 2012 lalu.

"Semua ini hasil kerja keras warga dan menjadi salah satu bentuk semangat warga meningkatkan perkembangan Tapteng, khususnya sektor pariwisata. Dan juga sebagai kado HUT pemerintahan Tapteng," ujarnya, Minggu 26 Agustus 2012.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Saut Hutagalung mengatakan suksesnya dan pemilihan acara bakar ikan yang memecahkan rekor ini merupakan pilihan tepat yang dilakukan oleh warga Tapteng.

"Pemilihan acara bakar ini sangat tepat untuk Tapteng, selain untuk menunjang daya tarik wisatawan, ini juga cocok dengan sumber daya alam terbesar Tapteng adalah hasil lautnya berupa Ikan dan lainnya," kata Saut.

Kabupaten Tapanuli tengah memang terkenal dengan hasil lautnya, dibantu juga oleh adanya Pelabuhan Perikanan Nusantara yang terletak di kawasan Sibolga. Ikan hasil tangkapan disana didominasi oleh ikan tuna yang diekspor beku ke berbagai negara. Ada juga yang berupa Loin rebus (pre-cooked Loin) yang banyak diekspor ke wilayah Timur tengah dan beberapa wilayah Asia Tenggara. (eh)

 



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com