Menteri Amir Tanggapi Twitter Denny Indrayana

Menkumham Amir Syamsuddin di Jumpa Pers Verifikasi Partai Politik
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin menanggapi polemik Twitter wakilnya, Denny Indrayana mengenai tudingan terhadap advokat koruptor adalah koruptor. Menurut Amir, apa yang diungkapkan Denny melalui situs jejaring sosial itu adalah refleksi dari pemikirannya.

"Denny itu orang yang perasaan dan pikirannya dia ucapkan. Saya yakin apa yang disampaikan itu penuh dengan kejujuran," kata Amir di Kementerian Hukum dan HAM, Senin 27 Agustus 2012.

Meski diakuinya, dari cara Denny berkomunikasi ada pihak-pihak yang merasa terusik. Namun Amir mengatakan, bila ada pihak-pihak yang secara jernih menggunakan mata hatinya untuk memahami ungkapan Wamenkumham Denny Indrayana itu, memang tidak sepenuhnya salah.

"Tapi sebetulnya kalau ingin dipersoalkan alangkah baiknya dilakukan itu dengan wacana juga. Apa yang disampaikan di Twitter itu kan wacana, tidak usah terlalu jauh. Wacana di counter dengan wacana kan manis, semakin hidup. Kebebasan berekspresi dan berdemokrasi kita makin dinamis. Dan selalu informasi yang terbaik itu akan menguntungkan masyarakat," terang Amir.

Amir tidak ingin berpolemik terkait gugatan pihak-pihak yang merasa dirugikan atas pernyataan Denny melalui Twitter. Tetapi Ia menghimbau kepada sejumlah pihak yang melakukan pembelaan terlalu bersemangat, namun terkadang melukai rasa keadilan masyarakat.

"Bahwa advokat memang mempunyai posisi untuk membela tanpa memandang apa yang dilakukan seseorang. Tapi khusus untuk kasus-kasus korupsi kita tahu bahwa masyarakat sudah sangat tidak menerima perilaku-perilaku seperti ini, sehingga sangat perlu juga," ujarnya.

"Saya sarankan kepada mereka-mereka yang memang berprofesi membela, kalau bisa dia juga merasakan bagaimana sebetulnya sikap kebatinan daripada masyarakat. Sehingga sambil dia membela kliennya dengan bagus, tidak sampai ada publik yang merasa terganggu," jelasnya. (sj)

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow
Sandra Dewi dan Suaminya, Harvey Moeis

Wawancara Lawasnya Jadi Sorotan, Sandra Dewi Ogah Disebut Hidup Bak di Negeri Dongeng

Kehidupan pribadi Sandra Dewi mendadak jadi sorotan pasca penetapan status tersangka suaminya, Harvey Moeis oleh Kejaksaan Agung.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024