Daerah Bandar Lampung Diselimuti Abu Anak Krakatau

Anak Gunung Krakatau
Sumber :
  • volcano.si.edu

VIVAnews - Aktivitas Gunung Anak Krakatau meningkat. Gunung yang terletak di Selat Sunda itu secara terus menerus menyemburkan lava pijar dan debu vulkanik.

Pantauan VIVAnews, Minggu malam hingga Senin 3 September 2012, debu vulkanik dari Gunung Anak Krakatau sampai ke wilayah Bandar Lampung. Abu tipis menyelimuti Kecamatan Sukarame, Kecamatan Sukabumi, dan Panjang.

Debu vulkanik mulai turun sekitar pukul 22.00 WIB. Genting rumah, pelataran, mobil-mobil, dan dedaunan tampak abu-abu, dilapisi debu. Debu-debu itu baru berhenti turun sekitar subuh.

Pada siang ini, masyarakat di sejumlah kecamatan di Bandar Lampung sibuk membersihkan rumahnya dari debu vulkanik yang dikirim oleh Gunung Anak Krakatau ini.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meningkatkan status Anak Krakatau menjadi waspada sejak pukul 11.30 WIB, Minggu 2 September 2012.

Getaran tremor letusan secara terus- menerus dengan amplitudo rata-rata 34 mm terekam di Pos Gunung Anak Krakatau di Pasauran, Banten. Terlihat jelas lontaran lava pijar dengan ketinggian kurang lebih 200-300 meter. (sj)

Kombes Iqbal dan Anak Buah Cegat Kendaraan di Lampu Merah, Bikin Pengendara Hepi
Aksi menentang kekerasan terhadap jurnalis. (Foto ilustrasi).

Indeks Keselamatan Jurnalis 2023 Ungkap Keamanan saat Peliputan Belum Terjamin Penuh

Survei mengungkapkan, bentuk kekerasan Jurnalis berupa pelarangan liputan hingga teror dan intimidasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024