NASIONAL

Era Baru Kemiliteran Irak dari Indonesia

Mengapa era baru itu bertepatan dengan hari ulang tahun TNI?

ddd
Senin, 3 September 2012, 11:17 Ismoko Widjaya, Riefki Farandika Pratama (Bandung)
Panser Anoa 6x6 buatan PT Pindad
Panser Anoa 6x6 buatan PT Pindad (Antara/ Rezza Estily)

VIVAnews - Irak akan segera memborong senjata-senjata buatan Indonesia. Bila perjanjian kerjasama pembelian senjata itu sudah diteken, maka era baru kemiliteran Irak akan dimulai.

"Setelah perayaan hari ulang tahun TNI pada Oktober 2012 mendatang, Irak dipastikan akan memulai era baru kemiliterannya," kata Direktur Utama PT Pindad, Adik Avianto Soedarsono dalam perbincangan dengan VIVAnews di Bandung.

Mengapa era baru itu bertepatan dengan hari ulang tahun TNI? Karena, kata Adik, dalam perayaan hari ulang tahun TNI ke-67 pada Oktober 2012 mendatang akan dipamerkan hasil karya industri militer anak negeri. "Akan ditampilkan di hadapan Perdana Menteri Irak," terang Adik.

Adik kini dipercaya menjadi Ketua Tim Koordinator Kerjasama Industri Pertahanan Indonesia dengan Irak. Adik yakin, Irak akan berpaling ke Indonesia dalam hal kerjasama industri militer.

PT Pindad dan Irak sudah beberapa kali melakukan pertemuan. Perdana Menteri Irak Nouri Al Maliki sudah tiba sebelumnya di Indonesia. Bahkan empat hari sebelum Lebaran, utusan PT Pindad baru saja pulang dari Irak.

Dari pertemuan pertengahan Agustus lalu, kata Adik, ada beberapa senjata yang paling diminati Irak antara lain yakni Senjata Serbu 2 Pindad atau SS2, Panser angkut Anoa dan Panser Serbu Anoa. Alasan Irak tertarik pada Anoa dan SS2 karena bentuk dan teknologinya sesuai dengan letak geografis Irak.

"Irak butuh Senjata Serbu ringan dan Panser yang bisa melakukan perang di dalam kota. Letak geografis Irak menjadi alasan pihak pemerintah Irak jatuh hati pada SS2 dan Anoa," ucap Adik. (adi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com