Kelebihan Senapan Serbu 2 yang Diminati Irak

Senapan Serbu atau SS2 produksi PT Pindad
Sumber :
  • PT Pindad

VIVAnews - Senjata Senapan Serbu 2 atau SS2 merupakan salah satu produk PT Pindad yang diminati Irak. Apa kelebihan SS2 dibanding senapan sejenis lainnya? Lalu, seberapa besar kontribusi tenaga ahli dalam negeri dalam pembuatan SS2 itu?

Menurut Direktur Utama PT Pindad, Adik Avianto Soedarsono, pembuatan SS2 dilakukan tenaga-tenaga ahli dari dalam negeri. "Keseluruhan dilakukan oleh tenaga ahli dari dalam negeri, sisanya dibantu konsultan dari luar negeri," kata Adik kepada VIVAnews di Bandung.

SS2 merupakan senapan serbu generasi baru kaliber 5,56 x 45 mm dengan laras kisar 7 inchi. Kelebihan SS2 yakni ringan, handal dan memiliki akurasi tinggi, dengan menggunakan popor lipat sehingga fleksibel untuk digunakan sesuai kebutuhan.

Senjata ini dapat menggunakan mechanical maupun optical sight serta dapat pula dilengkapi dengan berbagai asesoris. Asesoris pendukung itu antara lain silencer, sangkur, berbagai tipe pelontar granat, dan lain-lain.

Senapan ini juga telah dikembangkan menjadi berbagai tipe laras panjang dan laras pendek, baik dengan menggunakan mechanical maupun optical sight. Sesuai dengan kebutuhan operasinya.

Adik menampik produk SS2 merupakan adopsi dari model SS2 negara produsen asalnya di Eropa sana. Pembuatan SS2 ini juga berbeda dengan SS1 yang masih di bawah lisensi Eropa.

"Kalau untuk SS2 yamg kami produksi hari ini merupakan asli produk Indonesia seluruhnya. Kami bangga dengan produk asli ini yang bisa menembus pasar dunia," terang Adik. (umi)

Balap Liar Maut di Bekasi, Pemotor Cewek Tewas Tertabrak
Arsenal

Fokus Arsenal di Bursa Transfer, Perkuat 3 Posisi

Arsenal telah mengidentifikasi tiga posisi prioritas yang perlu ditambahkan ke dalam skuad. Manajer Mikel Arteta meminta kepada manajemen untuk fokus pada prioritas itu.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024