Mabes Polri Ganti Kapolda Papua

Jenazah Kapolsek Mulia Dominggus Awes dilayat Kapolda Papua Bigman L Tobing
Sumber :
  • Antara/ Alvian Rumagit

VIVAnews - Setelah setahun lebih menjabat, Kapolda Papua, Irjen Pol Bigman L. Tobing, akhirnya diganti oleh Irjen Pol M. Tito Carnavian. Serah terima jabatan rencananya akan dilaksanakan dalam waktu dekat di Mabes Polri. Hal itu diungkapkan Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Komisaris Brsar Agus Rianto.

"Sesuai Telegram Rahasia Kapolri, ada sejumlah pejabat Kapolda yang akan diganti, salah satunya Kapolda Papua Irjen Pol Bigman L Tobing. Penggantinya adalah Irjen Pol Tito Carnavian yang saat ini menjabat Deputi Penindakan dan pembinaan Badan Nasional Penanggulangan Teror," ujar Agus Rianto saat dihubungi melalui telepon selulernya, Senin 3 September 2012.

Selanjutnya, kata Agus Rianto, Bigman akan menjabat sebagai Kepala Analisis Kebijakan Pendidikan dan Latihan Lembaga Pendidikan Polri. Selain Kapolda Papua, kata dia, Kapolda Bengkulu, NTB danĀ  Bangka Belitung juga diganti. "Kapolda yang diganti ada 4, yang termasuk dalam mutasi Polri, yakni 23 Perwira Tinggi dan 35 Perwira menengah,"jelasnya.

Ditanya apakah pergantian Tobing ada kaitannya dengan serangkaian aksi kekerasan di Papua yang tak kunjung berakhir, Agus Rianto membantah dengan mengatakan, bahwa pergantian jabatan di institusi Polri adalah sesuatu yang biasa untuk pengembangan karir serta penyegaran personil.

"Mutasi jabatan di tubuh Polri adalah hal biasa, ini menandakan organisasi tidak stagnan tapi dinamis mengikuti perkembangan jaman,"tandasnya.

Karier Tito Carnavian di Kepolisian cukup cemerlang. Ia berhasil menangkap Tommy Suharto dari persembunyiannya. Ia juga berhasil menumpas sejumlah pentolan teroris seperti DR Ashari di Malang Jawa Timur. Ia juga merupakan Akpol lulusan 1987 yang pertama kali menyandang pangkat Jenderal dan satu angkatan dengan putra asli Papua, Brigjen Pol Paulus Waterpauw yang kini menjabat Wakapolda Papua.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?
Pihak Rusia keluarkan potret pelaku ISIS terorisme di Moskow

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Kelompok teroris ISIS baru saja telah merilis sebuah video teror yang mengancam Rusia dan Presiden Vladimir Putin karena menyiksa para anggotanya saat berada di dalam tah

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024