Misteri Kolektor 81 Foto Eksekusi Kartosoewirjo

Foto Eksekusi Mati Kartosoewirjo
Sumber :
  • "Hari Terakhir Kartosoewirjo: 81 Foto Eksekusi Mati Imam DI/TII"

VIVAnews - Ketua Alumni Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Fadli Zon, membukukan 81 foto detik-detik terakhir imam DI/TII Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo dieksekusi mati militer. Buku setebal 91 halaman itu diberi judul "Hari Terakhir Kartosoewirjo: 81 Foto Eksekusi Mati Imam DI/TII".

Dari mana Fadli mendapatkan foto-foto yang belum pernah dipublikasikan itu? "Foto ini saya dapatkan dari seorang kolektor yang saya beli pada dua tahun lalu," kata Fadli Zon saat peluncuran bukunya di Galeri Cipta, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu 5 September 2012.

Sayangnya, Fadli menutup rapat identitas kolektor pemilik 81 foto Kartosoeewirjo itu. Berapa harganya? Fadli juga enggan membocorkan.

Organisasi Liga Muslim Dunia Ucapkan Selamat ke Prabowo: Semoga RI Makin Maju

Saat gambar itu didapat, foto-foto sudah dilengkapi dengan keterangan di masing-masing foto.  Foto yang didapat itu dari saat Kartosoewirjo makan siang sampai eksekusi mati.

"Dilengkapi juga dengan caption dengan rangkaian dari makan siang terakhir sampai dengan kemudian eksekusi sekitar September 1962," kata pria yang juga Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, partai yang didirikan mantan Panglima Kostrad Prabowo Subianto itu.

Satu hal yang ditekankan Fadli, banyak pesan yang hendak disampaikannya lewat buku ini. Dengan buku ini dapat dilihat mengenai sejarah masa lalu. Dan menjadi pegangan di masa depan, terutama terkait perbedaan.

Fadli ingin publik melihat sejarah di masa lalu dengan cara lebih dewasa dan lebih tenang. Masyarakat juga diharapkan bisa melihat ke depan. Sekalipun ada perbedaan, itu diharapkan bisa direkonsiliasi.

"Kami belajar supaya tidak terulang kembali dan hal-hal seperti ini akan terjadi di masa lalu termasuk DI/TII. Kami dudukan secara proposional tidak perlu emosional," ujarnya. (umi)

VIVA Militer Letkol Inf Ardiansyah alias Raja Aibon Kogila

Rekam Jejak Luar Biasa Raja Aibon Kogila 821 Hari Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Dari hidupkan kota mati di sarang OPM hingga sejahterakan prajurit.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024