Longsor, Siantar-Danau Toba Terancam Putus

Danau Toba
Sumber :
  • Danau Toba

VIVAnews - Jalan lintas Sumatera dari Pematang Siantar menuju tempat wisata Danau Toba terancam putus. Hal ini disebabkan setengah badan jalan longsor.

Longsor tersebut berada di kilometer 19 sampai 26 dari arah Siantar. Ada beberapa titik jalan yang amblas sehingga hanya bisa dilalui satu mobil saja.

Kondisi ini sangat membahayakan pengendara, terutama di malam hari karena di kiri dan kanan jalan terdapat jurang yang dalam. Selain harus ekstra hati-hati dengan kondisi jalan, pengemudi pun harus awas karena ada titik di mana tak ada penerangan.

Pantauan VIVAnews, buruknya kondisi jalan ini sudah ada sejak musim mudik Lebaran lalu. Di jalan yang amblas hanya terlihat garis kuning dan pesan untuk berhati-hati melintas. Namun, semakin lama terlihat semakin terkikis. Hal itu dikarenakan banyaknya kendaraan yang melintas jalan antar provinsi tersebut. Diperparah dengan curah hujan cukup tinggi, akhir-akhir ini.

"Sudah lama ini longsor. Tapi belum ada perhatian dari pemerintah untuk memperbaikinya. Kalau dibiarkan begini bisa amblas total," kata Simanjuntak, salah satu warga yang sedang mencari kayu di sekitar longsoran, Selasa 11 September 2012.

"Ini juga diperparah dengan banyaknya mobil-mobil berbeda tonase setiap saat melintas. Tentunya jalan yang sudah tak kuat lagi ini bisa longsor total," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Simalungun, Jon Sabiden Purba menilai perbaikan jalan ini merupakan kewenangan PU pusat karena jalan tersebut merupakan jalan nasional.

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024

"Itu bukan wewenang kami. Kami sudah kordinasi dengan dinas PU pusat. Dan mereka sudah turun ke lapangan mengeceknya. Tapi, sampai sekarang belum diperbaiki. Mungkin ada kendala," ujarnya. (eh)

Calon Anggota Legislatif DPR RI dari Partai Demokrat, Fathi

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Partai Demokrat berhasil meraih satu kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat I (Jawa Barat), Kota Bandung dan Cimahi periode 2024-2029. Sebab, partai yang diketuai

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024