Di Sidang PBB, SBY Akan Tolak Penistaan Agama

Presiden SBY bantah pimpin rapat Bank Century
Sumber :
  • Rumgapres/Abror Rizki

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan akan menyampaikan pidato dalam sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat. SBY berjanji akan menyuarakan penolakannya terhadap penistaan agama.

"Sebagaimana diketahui, muncul kembali ketegangan, gesekan, antarpemeluk agama, civilization, peradaban, yang tentunya Indonesia punya tanggung jawab dan kewajiban moral untuk menyampaikan pandangan-pandangan serta ajakan," kata SBY dalam konferensi pers di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu 22 September 2012.

SBY mengatakan, sebagai negara majemuk, bangsa Indonesia mampu dan berkompeten untuk mengajak masyarakat internasional saling menghargai dalam budaya dan peradaban yang berbeda. Dia akan mengusulkan sebuah protokol internasional untuk perdamaian dunia.

"Bagaimana kita mencegah aksi inisiatif, yang bisa dikategorikan sebagai penistaan agama. Dengan demikian, kita berharap dunia terjaga keamanan dan ketertibannya," ujarnya.

SBY mengaku sangat antusias atas kesempatan berpidato di depan bangsa-bangsa di dunia ini dalam forum PBB. Terakhir, ia berpidato pada 2007.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

"Saya akan menyampaikan perkembangan negeri kita. Setelah menyampaikan pidato pada 2007, baru tahun ini, setelah 5 tahun, ada pergerakan di negeri kita. Patut saya sampaikan apa yang Indonesia telah kontribusikan untuk mencapai dunia yang makin damai, adil, demokratis, dan sejahtera," terangnya.

Selain persoalan ketegangan akibat penistaan agama tersebut, SBY juga akan menyampaikan topik utama sidang yaitu resolusi konflik pada tingkat internasional. Untuk ini, Presiden melanjutkan, Indonesia memiliki otoritas, pengalaman dalam menyelesaikan konflik tanpa kekerasan yang dapat dibagi pada dunia internasional.

Kemudian adalah pandangan tentang pentingnya kerja sama baru di bidang pembangunan usai Millennium Development Goals (MDG) pada 2015.

"Dengan demikian, Indonesia juga punya posisi, pandangan, kolaborasi global seperti apa yang dapat kita bangun agar pembangunan negara-negara ini bisa berhasil dengan baik. Tentu juga sekaligus menjawab tantangan-tantangan baru yang dihadapi oleh dunia," ucapnya. (art)

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024