"Jumat Keramat", KPK Periksa Irjen Djoko Susilo

Korlantas Polri Irjen Djoko Susilo
Sumber :
  • ANTARA/Ujang Zaelani

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi akan memeriksa tersangka korupsi proyek simulator SIM, Inspektur Jenderal Djoko Susilo. Mantan Korlantas itu akan diperiksa pada Jumat 28 September 2012."Saya dapat informasi tadi, besok KPK memeriksa DS," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi SP, di Gedung KPK, Jakarta, Kamis 27 September 2012.

Johan menjelaskan bahwa pemeriksaan Djoko Susilo dalam kasus Simulator ini terkait kapasitasnya sebagai tersangka. "Surat pemanggilannya juga sudah dikirim sejak 25 September 2012," kata dia.

Respons Keluarga Via Vallen Soal Penggerudukan dan Dugaan Penggelapan Motor

Diperiksa hari Jumat itu menimbulkan spekulasi bahwa Djoko akan ditahan. Maklum, selama ini banyak sekali para tersangka yang diperiksa pada hari Jumat dan langsung ditahan. Itu sebabnya muncul istilah "Jumat Keramat." Johan tidak membantah tapi juga tidak membenarkan soal penahanan itu. "Jadwalnya adalah hanya memeriksa dalam kaitannya dengan kasus Simulator," kata Johan.

Pada hari ini KPK juga sudah memeriksa tiga orang anggota Polri terkait kasus ini. "Mereka sudah datang tadi," kata Johan.

Ketiga anggota Polri itu, yakni AKBP Susilo Wardono, AKBP Indra Darmawan Iriyanto, dan AKBP Heru Trisasono. "Ketiganya akan diperiksa sebagai saksi," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi, Priharsa Nugraha.

Sebelumnya, pada Selasa 25 September 2012, KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap empat saksi dari Polri. Keempatnya adalah Kombes Pol Drs Budi Setiyadi, Kompol Setya Budi, AKP Edith Yuswo Widodo, dan Suyatim, PNS Polri. Namun keempatnya diketahui kompak mangkir dari panggilan pada hari itu.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan empat tersangka. Keempatnya yakni mantan Kakorlantas, Irjen Pol Djoko Susilo, Wakil Kepala Korlantas Polri non-aktif, Brigjen Pol Didik Purnomo, Sukotjo Bambang dari PT Inovasi Teknologi Indonesia (ITI), dan Budi Susanto dari PT Citra Mandiri Metalindo Abadi.

KPK menduga telah terjadi penggelembungan harga menyangkut pengadaan mesin simulator yang menyebabkan kerugian negara yang mencapai jumlah Rp90 miliar hingga Rp100 miliar.

Cek hipertensi atau darah tinggi.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah kondisi medis yang umum di mana tekanan darah dalam arteri meningkat. Untuk mengurangi masalah ini, salah satunya makanan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024