Fitra: Jokowi Harus Bersihkan Birokrat DKI

Usai Mencoblos, Mega dan Jokowi Gelar Jumpa Pers
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) mengungkapkan berdasarkan data yang dirangkum dari Badan Pemeriksa Keuangan, Provinsi DKI Jakarta tercatat sebagai daerah yang terbanyak potensi korupsinya.

Fitra pun berharap Gubernur DKI Jakarta terpilih Joko Widodo dan pasangannya Basuki T Purnama segera membersihkan para birokrat yang korup.

"Gubernur terpilih seharusnya dalam 100 hari program mereka membersihkan birokrat korup," kata Koordinator Investigasi dan Advokasi FITRA, Uchok Sky Khadafi, dalam keterangan yang diterima VIVAnews, Senin 1 Oktober 2012.

Uchok menjelaskan, dengan adanya potensi kerugian negara sebesar Rp721,5 miliar, Jokowi dapat melakukan sejumlah pergantian atau pergeseran birokrat. "Dan yang kena kasus, kasih saja ke aparat hukum, khususnya KPK," ujarnya.

Menurutnya, jika Gubernur Jokowi-Ahok tidak melakukan membersihkan atas birokrat, yang terjadi adalah "gelombang badai" yang akan menyapu kepercayaan masyarakat atas hilangnya legitimasi pemerintahan.

Berdasarkan data yang dirangkum Fitra dari Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester II Tahun 2011 BPK, total kerugian negara dari seluruh provinsi tercatat mencapai Rp4,1 triliun. "Dari data BPK ditemukan kerugian negara mencapai Rp4,1 triliun dengan jumlah kasus sebanyak 9.073," kata Uchok.

Menurut Uchok, dugaan korupsi ini terjadi karena pemerintah provinsi tidak takut pada auditor negara. "Ini memperlihatkan manajemen pengelolaan keuangan pemerintah provinsi yang cenderung korup," ujarnya.

Selain itu, lanjut Uchok, adanya kerugian negara yang mencapai Rp4,1 triliun ini memperlihatkan bahwa wakil rakyat di DPRD lumpuh. Karena mereka bukan melakukan pengawasan terhadap eksekutif. "Tapi lebih bekerja sama dengan eksekutif untuk mencari materi dari program-program APBD demi kebutuhan pribadi dan partai mereka," ujar dia.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi
Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024