Pemerintah Ingin Bangun Gedung Baru bagi Mabes Polri dan Kejagung

Gedung Kejaksaan Agung.
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadi

VIVAnews – Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM mengajukan anggaran ke DPR sebesar Rp17 miliar untuk tahun 2013 guna membangun gedung baru bagi institusi penegak hukum, yaitu Markas Besar Kepolisian RI dan Kejaksaan Agung.

Badan Anggaran DPR pun mempertanyakan teknis pembangunan gedung Polri dan Kejaksaan tersebut, karena hal itu tidak dijelaskan secara spesifik dalam pengajuan anggaran. Berdasarkan laporan yang diterima DPR, ujar anggota Banggar Markus Nari, gedung Polri dan Kejaksaan akan dibangun di atas tanah sebesar 2.000 meter persegi yang berlokasi di pusat kota Jakarta.

Saat ini pihak Kemenkopolhukam sudah menyediakan tanah seluas 7.000 meter persegi yang dibeli dengan harga Rp1,1 miliar. Harga itu tak ayal memancing rasa penasaran anggota dewan.

Isi Ramalan Prabu Jayabaya yang Sebut Cerminkan Pemimpin Indonesia

“Di mana beli tanah seluas itu dengan harga segitu di Jakarta sekarang?” ujar Markus di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin 1 Oktober 2012.

Menurut politisi Golkar itu, nilai gedung baru Polri dan Kejaksaan itu terlalu mewah, karena jika dikalkulasi membutuhkan dana sebesar Rp8,5 juta/ meter persegi. “DPR saja Rp5 juta per meter sudah diprotes,” kata Markus.

Status Nebeng

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Menanggapi keberatan Banggar DPR, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM Djoko Suyanto mengatakan pembangunan tersebut dibutuhkan karena selama ini kedua instansi hukum tersebut belum memiliki gedung sendiri.

“Jadi mereka nanti punya gedung mandiri. Selama ini kan statusnya nebeng (menumpang),” kata Djoko. Gedung baru untuk Polri dan Kejaksaan ini, menurutnya, juga diperlukan untuk meningkatkan kinerja kedua instansi. “Supaya program tidak terganggu,” imbuhnya.

Dengan anggaran tersebut, kata Djoko, pagu anggaran di 2013 untuk Kemenkopolhukam akan naik sebesar Rp55 miliar menjadi Rp518 miliar, dari pagu anggaran tahun ini sebesar Rp462 miliar. (ren)

Lee Mijoo Lovelyz.

Plot Twist, Lee Mijoo Jalin Asmara dengan Pesepakbola Top Song Bum-keun

Biz Enter melaporkan Lee Mijoo mengunjungi Jepang untuk bertemu dengan Song Bum-keun yang saat ini sedang merumput di salah satu klub sepakbola di Jepang, Shonan Bellmare

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024