Menhan: Intoleransi Meningkat, Kekerasan Marak

Purnomo Yusgiantoro
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews – Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengingatkan Indonesia saat ini menghadapi sejumlah masalah, utamanya kasus korupsi dan intoleransi.

Kasus intoleransi bahkan meningkat. “Indikasinya dapat dilihat dari maraknya berbagai peristiwa kekerasan dan konflik antarmasyarakat, agama, etnis, suku, dan kepentingan politik,” kata Purnomo dalam pidato pembukaan pertemuan ‘Temu Generasi Bangsa Menyongsong HUT ke-67 TNI’ di Aula Bhinneka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin 1 Oktober 2012.

Masalah lain yang muncul di Indonesia, ujar Purnomo, merupakan dampak dari globalisasi yang memicu keterbukaan dan peningkatan arus informasi. “Kalau tidak hati-hati, hal ini akan mempengaruhi jati diri bangsa, termasuk TNI,” ucap menteri lulusan Colorado School of Mines, Amerika Serikat, itu.

Sejumlah persoalan dan gangguan yang dihadapi bangsa Indonesia itu, kata Purnomo, harus selalu diwaspadai oleh generasi penerus TNI. Oleh karena itu, ia berharap ‘Temu Generasi Bangsa’ ini dapat menjadi sarana urun rembuk dan transformasi pengalaman, wawasan, serta nilai-nilai kejuangan antara generasi senior kepada generasi muda.

Sejumlah tokoh yang diundang ke acara ‘Temu Generasi Bangsa’ itu antara lain tokoh militer Jenderal TNI (Purn) Widjojo Soejono, tokoh media Jakob Oetama, mantan menteri pertahanan Juwono Sudarsono, mantan wakil presiden Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Soeparno, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Imam Sufa'at, dan Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin. (sj)

Viral Bule Kanada Ungkap Pengalaman Nikah dengan Wanita Indonesia: Mereka yang Terbaik
Chandrika Chika.

Pengakuan Chandrika Chika ke Ibunya: Gak Tau Vape yang Dihisap Ada Narkobanya

Ibunda Chandrika Chika, Poppy Putry dan suaminya, Jusman, pada Rabu malam 24 April 2024 mendatangi Polres Metro Jakarta Selatan. Kedatangan keduanya untuk mengecek Chika.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024