Panglima TNI: KRI Klewang Terbakar Akibat Korsleting

KRI Klewang 625 terbakar
Sumber :

VIVAnews - Panglima TNI, Laksamana Agus Suhartono mengatakan tidak ada unsur sabotase dalam kebakaran KRI Klewang di Banyuwangi, Jumat 28 September 2012. Kebakaran itu disebabkan belum sempurnanya sistem di kapal siluman itu.

"Memang kapal itu belum rapi betul, ada korsleting listrik, jadi terjadi kebakaran," ujar Agus di Gedung Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin 1 Oktober 2012.

Agus menjelaskan, peralatan pencegahan kebakaran di KRI Klewang juga belum sempurna. Hal inilah yang menyebabkan api tidak segera bisa dipadamkan. "Sehingga kebakarannya bisa menghabiskan seluruh kapal," ujarnya.

Menurut Agus, KRI Klewang belum menjadi milik TNI Angkatan Laut sepenuhnya. Sebab, statusnya masih dalam tahap uji coba. KRI Klewang,  masih menjadi tanggung jawab PT Lundin Invest sebagai produsennya.

"Statusnya belum jadi milik TNI sebenarnya. Karena masih trial, jadi itu semuanya masih dalam galangan," kata Agus.

Agus mengatakan, agar tidak terjadi kecelakaan serupa, maka KRI Klewang harus disempurnakan terlebih dahulu. "Yang jelas, pertama, menyelesaikan masalah ini dulu, agar galangan tetap membuat pesanan TNI AL yang baru lagi, harapan kita seperti itu," ucap Agus.

Meski demikian, tambah Agus, kejadian KRI Klewang itu menjadi pengalaman berharga dalam dunia perkapalan Indonesia. "Sehingga hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi lagi," ujarnya.

Menurut Agus, kecelakaan ini tidak menyurutkan minat TNI AL terhadap kapal ini. TNI Al akan tetap memesannya. "Tapi kalau memengaruhi proses percepatan pemenuhan kebutuhannya, iya," kata Agus. (umi)

Video Honda HR-V Parkir di Jalan Sempit, Bikin Macet dan Sulit Dilewati
Memperingati Hari Kartini

Lika Liku Kehidupan Soesalit Djojoadhiningrat, Pasca Ibunda RA Kartini Meninggal Dunia

Kisah Soesalit Djojoadhiningrat yang harus ditinggal meninggal ibunya ini juga menarik perhatian publik tatkala peringatan Hari Kartini pada 21 April setiap tahunnya.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024