Komisi I DPR: Jerman Belum Setujui Izin KRI Klewang

Kapal KRI Klewang terbakar
Sumber :
  • ANTARA/HO/Seno S

VIVAnews - Terbakarnya KRI Klewang menyisakan kontroversi. Mekanisme pembelian "kapal siluman" yang diklaim antiradar ini dipertanyakan. Sebab, kapal tersebut masih bersifat prototipe, pembuatannya belum final.

"Mengapa belum final dibuat kita sudah membelinya," ujar Wakil Ketua Komisi I TB Hasanuddin di Gedung DPR, Jakarta, Senin 1 Oktober 2012.

"Ternyata izin belum disetujui oleh PT Lundin Industry Invest di Jerman. Ini kan kerja sama," Hasanuddin menambahkan.

Oleh sebab itu, TB Hasanuddin mendesak agar dilakukan investigasi untuk menyelidiki kemungkinan adanya kesalahan konstruksi. "Misalnya alat pemadam kebakaran belum terpasang. Itu bagian dari kapal tempur yang tidak bisa dipisahkan, tapi secara tergesa-gesa akan diserahterimakan," ungkap Hasanuddin.

Dia mengakui memang DPR sudah menyetujui anggaran pembelian kapal cepat rudal yang diproduksi di dalam negeri ini. Pemerintah,  akan membeli 4 unit kapal ini.

"Harganya sekitar Rp114 miliar. Yang perlu diperdalam adalah kapal yang belum final itu apakah seharga itu? Tim dari BPK harus mengecek harga-harga itu," kata dia.

Sebelumnya, Panglima TNI, Laksamana Agus Suhartono mengatakan pembuatan . peralatan pencegahan kebakaran di KRI Klewang juga belum sempurna. Hal inilah yang menyebabkan api tidak segera bisa dipadamkan.

Namun, Agus membantah kapal ini telah menjadi TNI AL sepenuhnya. Menurut Agus, kapal ini masih menjadi tanggung jawab konstruktornya. Sebab, statusnya masih uji coba.

Misi Pemerintah Lewat Transformasi Digital Capai Target Pertumbuhan Ekonomi 5,2% di 2024
Pembayaran Bukalapak paylater

Berikut Adalah Part Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Digunakan Mudik Lebaran

Mudik lebaran menggunakan mobil, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan agar perjalanan tidak ada kendala.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024