VIDEO: Ada "Gua Setan" di Kepulauan Kei

Goa Hawang di Kepulauan Kei
Sumber :
  • ANTV

VIVAnews -- Kepulauan Kei, Maluku Tenggara punya destinasi wisata yang sangat menarik, sebuah kolam air tawar di dalam gua, yang airnya memantulkan sinar matahari yang indah.

Goa Hawang, nama gua tersebut, terletak di Desa Letvuan 15 km dari Langgur. Dikelilingi hutan. Air dalam gua berasal dari mata air Evu yang terhubung lewat sungai bawah tanah.

Selain keindahannya, situs Goa Hawang juga terkenal dengan legenda dua batu batu yang menonjol di di tengah kolam, satu batu besar di sebelahnya ada batu yang lebih kecil.

Sebuah legenda yang sejatinya berisi petuah: agar manusia menjaga mulutnya. Konon, suatu hari ada seorang pemburu berburu babi hutan disertai anjingnya. Saat mengejar hewan buruannya itu, sampailah mereka ke kolam yang jernih di dalam gua. Karena letih dan haus, pemburu dan anjingnya meminum air kolam, yang entah bagaimana terasa pahit kala itu.

Marah dan kecewa dengan rasa air yang tak enak, pemburu itu mengumpat dengan kata-kata kotor. Maka jadilah ia batu. Juga anjing peliharaannya.

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, gua tersebut hingga saat ini masih jadi tempat bergentayang roh jahat. "Hawang dalam Bahasa Kei artinya setan," kata pengelola gua, John kepada ANTV.

Di balik reputasi mengerikan, Goa Hawang menjadi tujuan wisata menarik. Selain bisa mengagumi keindahannya, para pengunjung juga bisa berenang di kolamnya yang jernih dan berwarna biru.

Namun, ada beberapa pantangan yang tak boleh dilanggar. Salah satunya, perempuan yang sedang haid dilarang keras berenang dalam gua. Saksikan keindahan Goa Hawang di .

Chandrika Chika Ditangkap karena Kasus Narkoba, Netizen: Udah Benar Joget Papi Chulo Aja
Ilustrasi mengemudi di malam hari

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini

Seorang wanita mengalami larangan menggunakan layanan Uber hanya karena memiliki nama Swastika Chandra. Ini membuatnya terkejut. Hal ini karena sentimen terhadap NAZI.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024