Sultan Dilantik Jadi Gubernur, Rakyat Yogya Pesta

sby lantik sultan dan pakualam
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/Abror Rizki

VIVAnews – Masyarakat Yogyakarta menggelar pesta syukuran di Pagelaran Keraton Yogyakarta usai Sultan Hamengku Buwono X dan Paku Alam IX dilantik Presiden menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu 10 Oktober 2012.

Acara syukuran rakyat Yogyakarta ini juga diikuti oleh para pejabat dan budayawan, termasuk seniman Butet Kertaradjasa dan aktor senior Slamet Rahardjo. Para turis asing bahkan tampak ikut menikmati pesta rakyat Yogya itu sembari berkeliling Keraton Yogyakarta yang sengaja dibuka untuk umum, termasuk wisatawan.

Tampak di antara kerumuman rakyat Yogya, beberapa pasang wisatawan asing yang duduk berbaur untuk mendengar candaan pejabat dan lawakan Butet Kertaradjasa dan Slamet Rahardjo.

Sosok Matias Gobay, Dalang OPM atas Penembakan Keji Danramil Aradide

“Setelah Ngarso Dalem (Sultan) dilantik, nanti jangan bancaan (ramai-ramai mengambil) dana keistimewaan Yogyakarta. Jangan menjadi koruptor,” kata Slamet di Pagelaran Keraton Yogyakarta.

Sementara itu, putri sulung Sultan, Gusti Kanjeng Ratu Pembayun, menyatakan siap mengawal Sultan dan Paku Alam selaku Gubernur dan Wakil Gubenur DIY dalam menjalankan pemerintahan. “Tentu ada kerikil-kerikil selama memimpin, dan itu harus dikawal,” ujar dia.

Pembayun mewakili keluarga Keraton Yogyakarta juga mengucapkan terima kasih atas perjuangan masyarakat Yogyakarta sejak memperjuangkan Rancangan Undang-Undang Keistimewaan DIY, penetapan RUUK DIY menjadi UU Keistimewaan DIY, sampai berlangsungnya pelantikan Sultan dan Paku Alam sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY.

“Saya mengapreasi perjalanan sejarah Yogyakarta yang tidak akan terwujud tanpa dukungan masyarakat Yogyakarta dan masyarakat Indonesia,” kata Pembayun.

Secara terpisah, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengaku bangga dengan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY yang berjalan tertib dan damai. “Penyaluran aspirasi masyarakat sangat baik. Semua berjalan lancar,” kata dia.

ilustrasi kelopak mata

7 Warna Bola Mata Paling Langka di Dunia, Hanya 2 Persen Populasi yang Punya

Mata salah satu indera manusia yang memiliki fungsi penglihatan. Mata digunakan sebagai melihat objek yang jauh maupun yang dekat

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024