SBY Bangga Pesawat Tanpa Awak Indonesia Berhasil Diuji Coba

Uji Terbang Pesawat Terbang Tanpa Awak Wulung.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tiba di Pangkalan Udara Halim Perdanakusumah, Jakarta, Kamis 11 Oktober 2012, usai melawat ke Yogyakarta. Setelah mendarat, SBY langsung meninjau uji coba pesawat tanpa awak (Puna) Wulung.

Didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono, Menko Kesra Agung Laksono, dan Menteri ESDM Jero Wacik, SBY melangkah menuju base operasional Lanud Halim. Dia kemudian berbincang dengan peneliti Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang membuat pesawat ini.

"Ini sudah diuji?" tanya SBY. "Saya senang, sampaikan selamat kepada yang membuat, peneliti, dan yang mendesain ini," SBY menambahkan.

SBY juga menanyakan masalah pendanaan pengembangan peawat tanpa awak ini. Dia berjanji akan memprioritaskan anggaran untuk pengembangannya. "Masih ada dana pengembangannya? Nanti saya on top-kan pengembangannya," kata dia. Setelah sepuluh menit meninjau, SBY lantas meninggalkan lokasi uji coba.

Sebagaimana diketahui, BPPT menguji Puna Wulung di Lanud Halim. BPPT telah membuat lima pesawat sejenis sejak 2002. Biaya yang dikeluarkn untuk membuat lima pesawat serupa sekitar Rp6 miliar hingga Rp8 miliar. Baca spesifikasinya . (eh)

Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat
Pasukan ISIS di Suriah (Doc: The Cradle)

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Setidaknya 20 pejuang dari Liwa al-Quds, sebuah kelompok bersenjata Palestina yang mendukung tentara Suriah, tewas ketika bus mereka disergap oleh militan tak dikenal.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024