Alasan Golkar Calonkan Awang Faroek di Kaltim

Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faruq
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVAnews - Sikap Partai Golkar yang "ngotot" mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Awang Faroek Ishak - Mukmin Faisyal dianggap bakal merugikan. Awang sendiri saat ini masih menyandang status tersangka kasus korupsi pengelolaan hasil divestasi saham PT Kaltim Prima Coal (KPC) milik Pemda Kutai Timur oleh PT Kutai Timur Energy (PT KTE). Ketika itu Awang menjabat sebagai Bupati Kutai Timur.

Namun Ketua Bidang Organisasi DPD Golkar Kaltim Dahri Yasin menuturkan, pihaknya tak bisa masuk kepada ranah tersebut karena itu adalah persoalan hukum. Yang jelas, saat ini DPP sudah merestui bahwa pasangan calon gubernur Kaltim adalah Awang Faroek Ishak dan Mukmin Faisyal, terlepas apakah Awang terjerat kasus atau tidak.

Menurut Dahri, bahasa politik dengan bahasa hukum berbeda. Tak ada larangan seseorang yang sedang berperkara untuk maju sebagai kepala daerah.

"Ini ranah politik, bukan hukum. Susah sekali bagi saya untuk menjelaskan situasinya. Yang jelas, pasangan inilah yang diusung dan mesin politik harus digerakkan," tuturnya, Selasa 16 Oktober 2012.

Dahri menjelaskan lagi, Golkar tidak sedang berandai-andai. Tidak ada Plan B, C atau D yang disiapkan untuk pencalonan Awang yang sekarang masih menjabat gubernur itu. Putusannya sudah jelas, DPP memberikan mandat bahwa calonnya ada si A, maka mesin di daerah harus dipanaskan untuk memuluskan jalan. Saat ini, komunikasi politik sedang dibangun.

Namun Dahri menegaskan, bahwa komunikasi politik yang dia maksud bukanlah untuk mengatur mengenai kasus tersebut. Tetapi, komunikasi membangun jaringan. Hukum biarlah berjalan mengalir, namun amanat DPP harus dijalankan.

"Kasus Awang ini memang sudah mencuat dan menjadi konsumsi publik. Tapi kami tak khawatir itu akan menjadi black campaign. Ini urusan politik, fakta hukum silakan berjalan terus," ucapnya tegas.

Awang merupakan Ketua Dewan Pembina Golkar DPD Kaltim. Sedangkan Mukmin adalah Ketua DPD Golkar Kaltim. Hasil survei, menurut Golkar, juga jelas menunjukkan bahwa Awang Faroek yang merupakan incumbent unggul jauh di atas tokoh Kaltim lainnya. (umi)

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang
Gedung Kemenkopolhukam

Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN

Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan menggodok rencana membangun sistem pertahanan semesta di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024