NASIONAL

Penyebar Foto Bugil Novi Amalia Terancam UU ITE

Tak sadar saat dipotret di Polsek. Polisi minta jangan berprasangka

ddd
Rabu, 17 Oktober 2012, 13:04 Anggi Kusumadewi, Syahrul Ansyari
Novi Amalia
Novi Amalia (VIVAnews/Muhamad Solihin)

VIVAnews – Pengambil gambar dan penyebar foto telanjang Novi Amalia, perempuan penabrak tujuh orang di kawasan Hayam Wuruk, Jakarta Barat, terancam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Polisi mengatakan akan terus menelusuri kasus itu. “Ini sedang kami cari. Kalau sudah ketemu, nanti baru kami proses karena ini tak hanya melanggar hukum, tapi juga melanggar etika bermasyarakat secara keseluruhan,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Komisaris Besar Polisi Agus Rianto, di Mabes Polri, Jakarta, Rabu 17 Oktober 2012.

Meski demikian, Agus meminta masyarakat untuk tidak mencurigai dan memojokkan polisi sebagai pelakunya, karena saat ini belum diketahui siapa yang harus bertanggung jawab. Kecurigaan mengarah kepada polisi karena foto telanjang Novi itu diambil di Polsek Taman Sari, Jakarta Barat, saat Novi ditangkap usai kecelakaan terjadi.

Polisi pun mengatakan, belum tentu pelaku berasal dari pihaknya. “Kenapa arahnya ke polisi? Kalau wartawan bagaimana? Kalau wartawan maka ini melanggar kode etik jurnalistik. Jadi jangan berandai-andai. Siapapun yang salah ada sanksinya, termasuk apabila ada anggota Polri terlibat,” ujar Agus.

Bercampur baur

Ia menjelaskan, saat itu di lokasi kejadian, baik polisi, masyarakat, maupun wartawan dari berbagai media bercampur baur, sehingga polisi harus melakukan penyelidikan dan penyidikan untuk mengetahui pelakunya. Polisi saat ini akan memeriksa keaslian dari foto-foto telanjang Novi yang beredar.

“Polda Metro juga sedang mencari siapa penyebar dan pembuat foto Novi ini. Seperti kasus Ariel, siapa yang memotret dan yang menyebarkan akan terkena sanksi,” kata Agus. Ia juga meminta wartawan untuk tidak ikut menyebarkan foto telanjang Novi itu. “Cukup untuk kalangan sendiri,” imbuhnya.

Pihak Novi sendiri melaporkan kasus penyeran foto telanjang itu ke polisi dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia agar pelakunya dijerat UU ITE dan UU Pornografi. Novi yang berada di bawah pengaruh narkoba, tidak sadar ketika gambar dirinya itu diambil. (ren)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
sibermetri
17/10/2012
kenapa malu neng.. kan memang itu profesi mu. bugil difoto.. majalah dewasa yang menyebarkan foto telanjang mu gak kena pelanggaran UU ITE kan ? apa karena fotonya gak dibayar makanya melanggar UU ITE
Balas   • Laporkan
antiusil | 17/10/2012 | Laporkan
piye toh mas... kowe bugil ma seksi aja ora ngerti bedane, bugil is using nothing mas, alias ora pake opo2, seksi means masih ada benang nempel walopun seadane.... piyee tohhh
scan
17/10/2012
coba si apriyani waktu nabrak pake bikini pasti ga difoto sama polisinya.
Balas   • Laporkan
manitou | 17/10/2012 | Laporkan
wakakak.. muntah iya gan..
antiusil | 17/10/2012 | Laporkan
aahahah...
roeltomohon
17/10/2012
Ckckckck.....semakin bejat aja kelakuan mereka. sungguh memalukan, tak beretika, cabul dan sewenang-wenang
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com