Ini Alasan Jokowi Cium Tangan Gubernur Bibit

Joko Widodo cium tangan Bibit Waluyo didampingi FX Hadi Rudyatmo
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVAnews - Kejadian menarik terjadi saat pelantikan Walikota Solo, Fx Hadi Rudyatmo, Jumat 19 Oktober 2012. Joko Widodo, mantan Walikota Solo sempat mencium tangan Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo. Padahal dua kepala daerah ini sempat memiliki hubungan yang tak harmonis. Apa alasan Joko yang biasa disapa Jokowi itu mencium tangan Bibit Waluyo?

“Ya, ini kan saya sebagai yang muda, Pak Bibit sebagai senior saya. Jadi selayaknya saya mencium tangan. Jadi junior ke senior ya seperti itu. Ini masalah senioritas, “ ucap Jokowi dengan tawa khasnya.

Menurut Jokowi, sebagai junior dalam kepemimpinannya sebagai gubernur, Jokowi mengaku ada beberapa hal yang memang patut dicontoh dari Bibit Waluyo. “Dalam memimpin sebagai gubernur, beliau juga sebagai senior. Begitu juga dalam hal pengalaman, umur, “ kata Jokowi dengan nada diplomatis.

Sebagaimana diketahui, dalam prosesi pelantikan Walikota Solo, Jokowi dan Rudyatmo bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah. Sebagai mantan bawahannya, Jokowi turut menyambut Bibit di luar gedung. Bibit pun turun dari mobil dinasnya dan langsung disambut Jokowi dan Rudy.

Tiba-tiba, Jokowi yang kini menjabat Gubernur DKI Jakarta itu langsung menyambar dan mencium tangan Bibit Waluyo. Pemandangan yang tak biasa sebagai Gubernur Ibukota RI.

Sedangkan Walikota Rudy hanya bersalaman sambil mencium pipi kanan-kiri Bibit. Ketiganya kemudian berjalan masuk ke dalam gedung. Posisi berjalan tidak beriringan. Bibit dan Rudy berjalan di depan, sedangkan Jokowi di belakang bersama Kepala Satpol PP Solo Sutarjo.

Sri Mulyani Buka Suara soal Rupiah Tembus Rp 16.200 per Dolar AS
4 ABG di Bekasi Tawuran Pakai Panah

Ngeri, ABG di Bekasi Kini Tawuran Pakai Panah

Polisi menangkap 4 Anak Baru Gede (ABG) yang tawuran di Kota Bekasi pada Sabtu dini hari, 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024