VIDEO: Gagal Berangkat, Calon Haji Mengamuk

Wukuf di Padang Arafah
Sumber :
  • Antara/Maha Eka Swasta

VIVAnews - Sebanyak 76 Calon Haji asal Aceh dan Sumatera Utara mendatangi kantor penyelenggara haji plus, Azizi Tour dan Travel di kawasan Jalan Sutomo Ujung Medan, Sumatera Utara. Para calon haji mendesak pertanggungjawaban kepada Azizi Tour dan Travel karena tak juga memberangkatkan para calon jamaah haji.

Ketegangan pun tak terelakan. Bahkan para calon haji ini mengamuk. Karyawan travel tidak dapat memberi kepastian jadwal keberangkatan. Sementara pemilik Azizi Tour dan Travel, Nazla Lubis dikatakan tidak berada di kantornya.

Para calon haji ini sebelumnya dijanjikan travel penyelenggara haji akan diberangkatkan pada pukul pada Kamis 18 Oktober 2012 dari Bandara Polonia Medan menuju Arab Saudi.

Namun para Calon Jemaah Haji itu batal diberangkatkan setelah travel mengubungi calon haji melalui telepon untuk menunda keberangkatan. Alasannya, administrasi masih dalam proses di Jakarta.

"Mereka menelpon katanya ditunda sampai tanggal 20 baru diberangkatkan. Padahal kami tahu pemerintah Saudi mengatakan calon haji paling akhir tanggal 20 harus sudah tiba di sana," kata Syahril, salah seorang calon haji asal Padang Lawas, Sumut.

Menurut Syahril, mereka sudah melunasi biaya keberangkan sejumlah Rp70 juta sampai 80 juta per orang. Namun keberangkatan tidak jelas. Travel pun bisa memastikan ini. "Bosnya juga tidak bisa ditemuin," ujar Syahril.

Sementara itu, pihak Polresta yang datang ke lokasi untuk menenangkan suasana yang sempat memanas. Polisi pun membawa 3 orang karyawan travel guna dimintai keterangan terkait tidak adanya kepastian para calon haji yang tak kunjung diberangkatkan ke tanah suci.

Polisi pun menutup sementara kantor Azizi Tour dan Travel sementara waktu guna mengusut lebih lanjut permasalahan ini.

"Kami akan selidiki dulu permasalahan ini. Belum tahu pasti ini penipuan atau memang persoalan administrasi yang belum selesai yang menyebabkan keterlambatan," kata Wakaporesta Medan, AKBP Pranyoto di lokasi kejadian. Berikut .

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024