Menakertrans: Banyak Pemda Tak Mengerti Produktivitas

Menakertans Muhaimin Iskandar
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Data World Economic Forum (WEF) tahun 2012, saat ini tingkat produktivitas Indonesia berada pada peringkat ke-50 dari 144 negara yang disurvei.

Hal ini dikemukakan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar saat membuka Workshop Pertemuan Para Kepala National Productivity Organization ke-53 di Hotel Inna Sanur Grand Bali Beach, Selasa 23 Oktober 2012.

Menurut Muhaimin, dibandingkan dengan beberapa negara tetangga, peringkat Indonesia masih tergolong rendah. Sehingga perlu upaya radikal untuk melecut produktivitas dan daya saing nasional.

"Ini bukan persoalan pemerintah pusat semata. Pemerintah daerah adalah kreator. Sayangnya banyak pemerintah daerah kita tidak mengerti betapa pentingnya meningkatkan daya saing," kata Muhaimin.

Seperti soal tenaga kerja, menurut Muhaimin, pemerintah daerah masih menganggap persoalan produktivitas tenaga kerja bukan persoalan penting. "Sehingga tidak dipikirkan sama sekali," keluhnya.

Padahal, pemerintah pusat sudah menginisasi berbagai kegiatan untuk mendorong produktivitas agar meningkat. Antara lain dengan mengembangkan kerjasama regional di Asia.

Asian Productivity Organization (APO) terdiri atas berbagai organisasi dari negara-negara di Asia yang mengembangkan sistem penerapan produktivitas dalam setiap perusahaan.

"Saya berharap pemda lebih serius memperhatikan masalah ini. Tujuan kita satu yaitu membawa Indonesia semakin maju dan bisa bersaing di baris depan dalam percaturan perdagangan dunia," ujar pria yang kerap disapa Cak Imin ini. (umi)

Hadiri Forum Internasional di China, KSAL Tegaskan Pentingnya Jaga Keamanan Maritim di Kawasan
Honda Mobilio di GIIAS 2019

Penjualan Honda Naik 19 Persen, Mobilio Masih Laku Segini Walau Tak Ada Penyegaran

HPM mencatat penjualan retail sebanyak 10.706 unit pada bulan Maret 2024. Ternyata, Honda Mobilio masih ada peminatnya walau tak ada penyegaran pada mobil itu sejak 2019.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024