Arkeolog: Bangunan Kuno Denpasar Merupakan Candi Hindu

Penemuan candi di Penatih, Denpasar, Bali
Sumber :
  • ANTARA/Nyoman Budhiana

VIVAnews - Bangunan kuno yang ditemukan terpendan di Banjar Saba, Kelurahan Penatih, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali, diperkirakan sebagai bangunan candi yang dibangun pada abad XIV. Bangunan yang hingga kini masih dalam proses penggalian itu disebut dengan Situs Penatih.

Ketua Tim Peneliti dari Balai Arkeologi Denpasar, I Wayan Suantika, mengatakan dari ciri batu padas yang digunakan, hampir dipastikan bangunan itu merupakan candi Hindu. "Perkiraan ini juga bisa dilihat dari bahan batu padas. Kemudian pada batu padas ini ada lapisan penguat. Lapisan ini ada pada abad XIII dan XIV masehi," papar Suantika di lokasi penemuan, Rabu 24 Oktober 2012.

Hingga kini, dia menambahkan, penggalian dilakukan di tiga titik, mulai dari selatan menuju utara. Penggalian harus melewati beberapa bangunan pasraman (pesantren umat Hindu) milik Ida Resi Bhujangga Wisnawa Gandha Kusuma, seorang pemimpin spiritual agama Hindu.

Penggalian harus dilaakukan secara seporadis di tiga titik. Sebab, di lokasi itu terdapat bangunan rumah milik warga. Penggalian baru bisa dilakukan di tempat yang kosong, tak ada bangunan rumah warga. "Dari tiga titik penggalian bisa ditarik garis lurus dan diduga kuat jika bangunan tersebut masih merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan," kata dia.

Dalam penggalian, tim peneliti menemukan struktur batuan padas pada kedalaman 2,5 meter. Struktur itu, kata Suantika, merupakan bangunan pondasi candi. "Sementara kaki dan tubuh candinya sudah hilang entah ke mana," tutur dia. Suantika menambahkan, hingga kini tim sudah berhasil mengangkat 22 batu. Bentuknya balok, bagian tepinya rapih. Masing-masing memiliki panjang 120 sentimeter, lebar dan tebalnya 40 x 40 sentimeter.

Badan Arkeologi Denpasar telah melakukan penggalian selama sepekan ini. Lokasi situs itu berada di Jalan Trengguli Gang IV D, Denpasar, tepatnya di Pasraman (pesantren umat Hindu) Ida Resi Bhujangga Wisnawa Ganda Kusuma di Banjar Saba, Kelurahan Penatih, Denpasar.

Penemuan candi ini bermula pada akhir September lalu, ketika lima orang warga setempat melakukan penggalian tanah untuk membuat resapan air. Saat penggalian mencapai kedalaman satu meter, para penggali menemukan batu padas ukuran 40 x 40 cm  berderet sepanjang 1 hingga 1,1 meter. (eh)

IRT di Kalbar Tewas Bersimbah Darah dengan Luka Tembak, Polisi Lakukan Penyelidikan
Loreal Brandstorm 2024

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

3 mahasiswi dari ITB yakni Clara Sinaga, Priscilla A. Napitupulu dan Saskia Febriend, menghadirkan solusi untuk mengatasi masalah kerontokan rambut non invasif

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024