Mendadak Tes Urine, Pejabat Sulit Buang Air Kecil

Tes Urine
Sumber :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Banyak pejabat dan PNS di Pemerintah Provinsi Jambi harus bersusah payah buang air kecil saat dilakukan tes oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jambi. Terang saja sulit, karena tes urine ini dilakukan mendadak dan pertama kali digelar tahun ini terhadap PNS di Pemprov Jambi. 

Pantauan VIVAnews, tampak raut kepanikan dan gugup dari beberapa PNS yang bakal dites. "Susah keluarnya," ujar salah satu Kepala Bidang Pemda Provinsi Jambi yang enggan disebutkan namanya.

Meski demikian, pejabat ini menyambut baik dilakukannya tes urine dalam rangka membersihkan lingkungan kerja para PNS di lingkup Pemprov Jambi dari peredaran narkotika. "Kami siap dukung program Pak Gubernur ini," ungkapnya.
  
Pejabat ini tidak sendirian, karena ada 600 PNS eselon tiga Pemerintah Provinsi Jambi yang dites urinenya oleh tim BNN Provinsi Jambi. Tes urine ini untuk mengetahui ada tidaknya pejabat yang mengkonsumsi narkoba dalam rangka penanggulangan, pemberantasan dan pencegahan peredaran gelap narkotika (P4GN) di kalangan PNS.
  
Menurut Kepala BNN Provinsi Jambi, Komisaris Besar Polisi M Yamin, tes urine sengaja digelar mendadak. Menurut Yamin, kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama dan komitmen Gubernur Jambi.

Dijelaskannya, target pejabat yang akan dites urinenya itu mencapai 600 orang. "Rencana awal hanya 400 orang, tapi bertambah jadi 600 orang. Untuk hasilnya belum bisa diketahui. Sejauh ini belum ada yang positif," kata Yamin di Jambi.

Untuk pejabat yang belum dites urinenya karena sedang tugas di luar daerah akan dilakukan menyusul. Bila nantinya ada pejabat yang positif menggunakan narkotika, M Yamin menyerahkan sepenuhnya kepada gubernur. "Itu terserah kebijakan dari Pak Gubernur selaku atasannya untuk memberikan tindakan seperti apa," jawab M Yamin.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024