Migrant Care: Iklan "TKI on Sale" Aksi Sindikat

Tenaga Kerja Wanita (TKW).
Sumber :
  • ANTARA/ Mika Muhammad

VIVAnews - Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah, menduga, di Malaysia adalah bagian dari aksi sindikat yang bergerak merekrut tenaga-tenaga kerja dari Indonesia. Hal yang mendasari itu, kata Anis, saat ini ada 14 ribu visa kerja yang dikeluarkan pihak Malaysia kepada tenaga kerja asal Indonesia.

"Ini terorganisir, terkoneksi dengan pihak Indonesia. Memangnya 14 ribu TKI itu siluman, bisa masuk ke Malaysia begitu saja," ujar Anis kepada VIVAnews, Rabu 31 Oktober 2012.

Anis menjelaskan setelah moratorium pengiriman TKI ke Malaysia dicabut, memang baru sekitar 64 TKI yang dikirim ke sana. Karena kebutuhan tenaga kerja yang besar, pihak Malaysia, kata Anis kemudian mengeluarkan visa untuk para tenaga kerja Indonesia.

"Artinya, ada pihak-pihak yang bergerak yang menjalankan bisnis rekrutmen TKI. Secara ilegal, tentu saja," tuturnya.

Pemerintah, menurut Anis, pasti tahu mengenai persoalan ini. Namun lagi-lagi, kata Anis, pemerintah tidak serius menyikapi masalah ini.

"Siapa yang bergerak mendatangkan 14 ribu TKI itu? Ini kan data dan fakta. Pemerintah pasti tahu. Ini namanya kan perdagangan manusia," jelasnya. "Nah, iklan itu (TKI on Sale) adalah salah satunya."

Menyoal iklan tersebut, Anis berharap perwakilan Indonesia di Malaysia serius menelusurii siapa pembuat iklan menggegerkan itu, berikut agen penyalurnya.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Berita tentang nasib dua debt collector yang hendak mengambil paksa mobil Aiptu Fandri di parkiran salah satu pusat perbelanjaan di Kota Palembang jadi yang terpopuler.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024