Boediono: RI Harus Maksimalkan Industri Pertahanan

Tank Leopard Pada Pameran Indo Defence 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews – Wakil Presiden RI Boediono menyatakan, industri pertahanan berpotensi mendatangkan keuntungan yang tinggi mengingat perputaran uang di dalamnya sangat besar.

Menurut Boediono, data belanja militer (military expenditure) 2011 berdasarkan riset Stockholm International Peace Research Institute adalah sebesar US$1.738 miliar.

Serang Israel, Uni Eropa Bakal Jatuhi Iran Sanksi

“Jumlah ini 2,5 kali PDB kita (Indonesia), bahkan 10 kali jumlah APBN. Ini jumlah yang sangat besar untuk produk-produk yang jumlahnya sebetulnya tidak banyak,” ujar Boediono dalam sambutannya pada pembukaan Indo Defence 2012 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Rabu 7 November 2012.

Untuk itu peluang besar terbuka bagi suatu negara yang ingin mengembangkan industri pertahanan dalam negerinya maupun memanfaatkan peluang pasar, termasuk Indonesia.

Dari segi perbandingan belanja militer terhadap angka Produk Domestik Bruto, Boediono mengatakan belanja militer Indonesia sesungguhnya masih sangat rendah karena hanya berada di angka 0,7 persen.

Pendidikan Inklusif: Menakar Pembaharuan Sistem Pendidikan di Indonesia

Angka tersebut sangat kecil bila dibandingkan dengan belanja militer Amerika Serikat yang mencapai 4,7 persen dari PDB-nya, atau bahkan Arab Saudi yang mencapai 10 persen dari PDB-nya. “Indonesia belum masuk radar, walau beberapa tahun ini meningkat pesat untuk memenuhi kebutuhan minimal pertahanan kita,” kata Wapres.

Sementara itu, statistik impor alat pertahanan Indonesia saat ini mencapai peringkat 15 dari negara-negara lain di dunia. “Ini artinya kita masih punya banyak peluang untuk menempatkan produk-produk dalam negeri dan memaksimalkan industri pertahanan kita,” kata Boediono.

Oleh karena itu Wapres mengapresiasi penyelenggaraan Indo Defence 2012 sebagai pameran yang dapat memberikan inspirasi bagi para pelaku industri pertahanan untuk mengembangkan potensi industri pertahanan dalam negeri. Pameran ini juga akan memberikan pendidikan publik mengenai alat utama sistem senjata (alutsista) yang dimiliki Indonesia.

Indo Defence tahun ini diselenggarakan tanggal 7-10 November 2012, dan menampilkan lebih dari 600 perusahaan dari 42 negara dan 23 delegasi, antara lain Afrika Selatan, Amerika Serikat, Australia, Azerbaijan, Belanda, Belarus, Belgia, Brunei, Filipina, Finlandia, India, Jepang, Jerman, Kroasia, Korea Selatan, Norwegia, Portugal, Ceko, Rusia, Singapura, Slovakia, Taiwan, Turki, Ukrainia, dan Yunani. (umi)

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

Sebuah mobil sedan terbakar di SPBU Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri saat hendak isi BBM pada Selasa, 23 April 2024. Polisi langsung olah TKP.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024