Empat Balita di Sukabumi Positif HIV/AIDS

Remaja dan penanggulangan HIV AIDS
Sumber :
  • http://marthinsilalahi.blogspot.com

VIVAnews - Empat balita dan seorang anak berusia 8 tahun di Kota Sukabumi, Jawa Barat, positif mengidap Human Immunodeficiency Virus atau HIV.

Balita dan anak usia 8 tahun ini adalah bagian dari 605 warga sukabumi yang positif Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) hingga November 2012.

Kepala Seksi Surveylen dan Imunisasi Dinkes Kota Sukabumi, Wahyu Handriana mengatakan, ada 22 balita yang rentan dan dalam pemantaun intensif. Menurut Wahyu, anak-anak yang positif ini tertular HIV melalui dari orang tuanya.

"Mereka terinfeksi mulai dari masa kandungan dan menyusui," ujar Wahyu kepada VIVAnews, Jumat 9 November 2012.

Wahyu menambahkan, satu balita diketahui kondisinya sudah sangat parah. Bahkan juga mengidap Tuberculosis (TBC) dan kurang gizi. Kondisi ini diperburuk karena kedua orang tuanya meninggal akibat HIV/AIDS. 

"Kami terus mencoba memberikan obat kekebalan tubuh agar balita tersebut bisa tetap bertahan," tuturnya.

Dinkes Kota Sukabumi juga melakukan pemantauan khusus terhadap 18 balita yang rentan dan beresiko terinfeksi HIV/ AIDS. Balita ini rawan karena dilahirkan dari orang tua yang sudah positif ODHA.

Untuk pengawasan dan bantuan medis terhadap para balita ini Dinkes menyiapkan program khusus dampingan terutama untuk orangtua para balita agar anak mereka tidak tertular virus HIV.

Orang tuapara balita ini rata rata para pecandu narkoba yang menggunakan jarum suntik. Penularan melalui jarum suntik sangat cepat, karena proses perpindahan langsung melalui darah yang terkontaminasi HIV/AIDS.

Selain jarum suntik narkoba para penderita HIV/AIDS yang baru diketahui ternyata bukan hanya pecandu. Ada beberapa orang yang tertular virus ini dari jarum tato. "Sekitar 99 persen pengidap HIV dan AIDS masih berusia produktif atau di bawah 40 tahun," katanya. (umi)

Intip Sederet Ketentuan Barang Kiriman Pekerja Mingran, Tak Lagi Diatur Permendag
 Pergudangan peninggalan Belanda di Jalan Raya Ngagel, Wonokromo, Kota Surabaya

Kisah Mistis di Pergudangan Ngagel Surabaya, Ada Sosok Medon Bersuara Mirip Burung

Kisah mistis yang dialami Sugiarto, seorang pemotong granit yang bekerja di area pergudangan peninggalan Belanda di Jalan Raya Ngagel, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024