NASIONAL

SBY Namai Panser 4x4 Pindad "Komodo"

Panser ini adalah salah satu jenis kendaraan taktis andalan PT Pindad.

ddd
Sabtu, 10 November 2012, 14:19 Denny Armandhanu, Oscar Ferri
Uji coba panser Pindad
Uji coba panser Pindad (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberi nama Panser 4x4 produksi PT Pindad Persero dengan nama "Komodo". Panser 4x4 itu merupakan salah satu jenis kendaraan taktis (rantis) andalan PT Pindad.

Nama "Komodo" ini diberikan pada kunjungan SBY di hari terakhir pameran Indo Defence 2012 Expo & Forum di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu 10 November 2012, demikian keterangan pers Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan, Kolonel Kav Bambang Hartawan.

Sebelumnya PT Pindad, kata Bambang, sudah diperintahkan SBY untuk membuat kendaraan yang memiliki kemampuan tinggi, seperti Intai Sherpa yang dapat digunakan untuk kendaraan operasional tiap matra Angkatan TNI dan Polri. "Berdasar hal itu, maka PT Pindad kemudian melakukan desain, perencanaan, rekayasa, dan pembuatan produk dengan konsep produk," ucap dia.

Adapun Panser Komodo ini memiliki konsep menggunakan mesin diesel turbo intercooler dengan power kendaraan 215 ps @2500 rpm, sehingga tercapai rasio berat terhadap kendaraan 25hp/ton.

Selain itu, rantis ini menggunakan transmisi manual 6 maju dan 1 mundur serta memiliki diferensi lock, sehingga memiliki kemampuan offroad yang baik. Dari segi bodi, kendaraan ini menggunakan bodi monocoque dan memiliki ketahanan terhadap tembakan peluru kaliber 7,62 mm.

Di samping itu, PT Pindad juga telah melakukan serangkaian uji internal terhadap rantis ini, yakni uji statis, uji tipe, dan uji dinamis dari Bandung menuju Baturaja saat latihan gabungan.

Selanjutnya dalam proses sertifikasi oleh Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Darat, spesifikasi ini dimasukkan ke dalam klasifikasi kendaraan tempur (ranpur) multiguna dengan varian V1 atau varian Intai, V2 varian APC, V3 varian Komando, V4 varian angkut rudal, V5 untuk varian khusus.

"Tahun ini PT Pindad juga mengembangkan varian angkut rudal Mistral, hasil kerja sama dengan MBDA sebanyak 56 unit. Dan kemudian dipesan lagi sebanyak delapan unit hasil kerja sama dengan Nexter untuk varian Komando dan Komunikasi," kata Bambang.

Pada tahun 2012 ini, lanjut dia, beberapa kesatuan TNI dan Polri telah memesan Panser Komodo ini. Salah satunya Komando Pasukan Khusus (Kopassus) sudah memesan dua unit untuk varian khusus pendobrak. "Brimob juga sudah pesan tiga unit untuk varian APC," ujarnya.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
nayra
30/11/2012
widihhhh.... hebat nih pak presiden, bisa aja ketemu nama yang cocok. hehehehehhe
Balas   • Laporkan
satrio93
29/11/2012
Bukti bahwa Industri pertahanan kita bisa diandalkan... jgn sia2-kan utk trus berkembang....
Balas   • Laporkan
parikesit07
13/11/2012
Dukung terus industri dalam negeri menuju kemandirian pertahanan
Balas   • Laporkan
gentongnasi
10/11/2012
Panser komodo menunjukkan bangsa kita tidak mokodo
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com