Korban Tewas Banjir Mamasa Bertambah

Evakuasi banjir bandang Aceh
Sumber :
  • ANTARA/ Rahmad

VIVAnews - Korban tewas pada bencana banjir bandang di Desa Batanguru Timur, Kec. Sumarorong, Kab. Mamasa, Prov. Sulawesi Barat, bertambah menjadi 13 orang. Sementara itu, tim SAR gabungan masih mencari empat orang lainnya yang hilang.

Banjir bandang di wilayah ini terjadi akibat hujan deras pada Kamis sore waktu setempat.  Selain korban jiwa, banjir bandang ini juga menghanyutkan dua rumah, satu mobil, dan lumbung padi. Empat rumah dilaporkan mengalami rusak berat.

Dalam laporan Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, yang diterima VIVAnews, Sabtu 10 November 2012, BNPB telah memberikan pendampingan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik manajemen, administrasi dan pendanaan.

"BNPB memberikan dana siap pakai Rp300 juta kepada BPBD untuk operasional darurat. BPBD sudah mendirikan posko penanganan darurat bencana. Korban yang meninggal sudah dimakamkan oleh keluarganya masing-masing," urai Sutopo.

BPBD, Dinsos, Dinkes dan SKPD setempat, lanjutnya, telah memberikan bantuan sembako, makanan siap saji dan obat-obatan. Kebutuhan mendesak adalah alat komunikasi, perbaikan saluran air bersih dan bantuan logistik.

BPBD, SKPD setempat, TNI/POLRI bersama seluruh elemen masyarakat masih bergotong royong melakukan pembersihan. Pendataan terkait perhitungan kerusakan dan kerugian akibat bencana masih dilakukan.

"Saat ini musim kemarau telah berakhir dan sudah masuk musim penghujan. Masyarakat dan seluruh komponen pemerintah serta pemda dihimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi banjir, banjir bandang, tanah longsor dan puting beliung," kata Sutopo.

"BPBD yang rawan banjir dan tanah longsor diharapkan segera menyusun rencana kontinjensi agar dapat menanggulangi bencana dengan lebih baik. Dengan rencana kontinjensi tersebut maka semua potensi kekuatan yang ada di daerah disiapkan, baik logistik, peralatan, dana, sumber daya manusia dan sebagainya," lanjutnya lagi.

Yang Bikin Shin Tae-yong Terusik saat Indonesia Kalahkan Korea Selatan
Isi koper bule Polandia yang diduga hilang sebagian - Foto: Tangkapan Layar Instagram

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Beredar video di media sosial yang memperlihatkan seorang Warga Negara Asing atau WNA kehilangan barang dalam bagasi penerbangan tujuan Bali. Dia perlihatkan isi kopernya

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024