NASIONAL

Pemprov DKI Jakarta Kenalkan Kartu Jakarta Sehat

Untuk tahap I akan dibagikan sebanyak 3.000 kartu di enam kelurahan.

ddd
Minggu, 11 November 2012, 06:38 Ririn Aprilia
Kartu Jakarta Sehat
Kartu Jakarta Sehat (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

VIVAnews - Bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Joko Widodo, memperkenalkan program Kartu Jakarta Sehat. Selain sebagai universal coverage (kepesertaan semesta) bagi seluruh penduduk DKI Jakarta, kartu ini juga dimaksudkan untuk memudahkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan.

Kartu Jakarta Sehat akan dibagikan secara bertahap kepada seluruh penduduk DKI Jakarta yang masuk dalam Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) 2011. “Untuk tahap I akan dibagikan sebanyak 3.000 kartu di enam kelurahan,” kata Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo.

Kelurahan yang dimaksud yaitu Bukit Duri sebanyak 502 kartu, Kelurahan Pademangan Timur 497 kartu, Kelurahan Marunda 494 kartu, Kelurahan Tanah Tinggi 503 kartu, Kelurahan Tambora 504 kartu, dan Kelurahan Manggarai sebanyak 505 kartu.

Penggunaan Kartu Jakarta Sehat ini yaitu satu kartu untuk satu orang dan dapat digunakan di seluruh Puskesmas serta perawatan kelas III di 88 Rumah Sakit yang sudah menandatangani MoU dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

Pada prinsipnya, untuk pelayanan kesehatan ini dilakukan secara berjenjang, yaitu masyarakat harus berobat ke Puskesmas dulu, apabila Puskesmas tidak bisa menangani baru dirujuk ke rumah sakit.

Bagi penduduk yang belum mendapatkan Kartu Jakarta Sehat, masih dapat menggunakan Gakin/Jamkesda sampai semua kartu tercetak sesuai sasaran. Masyarakat yang belum memiliki kartu, tetap dapat berobat dengan menunjukkan KTP/KK DKI Jakarta. Adapun pembiayaan kesehatannya ditanggung dengan dana APBD Provinsi DKI Jakarta.

Saat ini, sebanyak 44 Puskesmas Kecamatan dan 60 persen dari 296 Puskesmas Kelurahan sudah mengantongi ISO 9001:2008. Dengan pengenalan kartu ini, gubernur berharap akses dan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat dapat ditingkatkan. (WEBTORIAL)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com