Untung S. Rajab Ikut Bursa Cagub Jatim, Ini Tanggapan Gus Ipul

Kapolda Metro Jaya Tetap Tidak Rekomendasikan Konser Lady Gaga
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Mantan Kapolda Metro Jakarta Raya, Irjen (purn) Untung S Rajab, siap maju di pemilihan Gubernur Jawa Timur di periode mendatang.

Kondisi Terkini Chandrika Chika di Tahanan, Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba

Menanggapi ini, Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf, memberikan ucapan selamat dan mengaku tak merasa tersaingi.

Gus Ipul, sapaan Saifullah, bahkan menyebut majunya Untung sebagai kejutan. Dengan munculnya nama baru sebagai bakal calon gubernur, artinya demokrasi makin terasa. Jika makin banyak calon, maka rakyat akan memiliki pilihan yang diinginkan sebagai pemimpin di Jatim.

"Ini bagus di era demokrasi, khususnya di pemilihan Gubernur Jatim. Saya tidak berhak menghalangi siapapun yang maju," kata Gus Ipul, 12 November 2012.

Di Pilgub Jatim yang dijadwalkan digelar 29 Agustus 2013, sejumlah nama calon terus ramai dibicarakan. Selain Untung, nama pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf dipastikan bakal maju lagi.

Lainnya, ada nama  Ketua Umum Pengurus Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama, Khofifah Indar Parawansa, yang digadang bakal maju dengan Wakil Wali Kota Surabaya, Bambang Dwi Hartono. Pasangan ini disebut-sebut mendapat dukungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jatim.

Untung menyebut, majunya di bursa Pilgub Jatim semata untuk mengubah dan memperbaiki tatanan pemerintahan yang lebih baik. "Ini murni panggilan hati saya sebagai putra daerah yang bertekad memperbaiki provinsi ini menjadi lebih baik," ucap Untung.

Pengamat komunikasi politik asal Universitas Airlangga Surabaya, Suko Widodo, menilai Untung idealnya bergandengan dengan politisi lokal untuk maju sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilgub Jatim.
   
Sejumlah nama yang dinilai ideal mendampingi Untung, di antaranya Bupati Probolinggo Hasan Aminuddin, Bupati Malang Rendra Kresna, Ketua DPD Partai Golkar Jatim Martono, Ketua DPW PKB Jatim Halim Iskandar, dan beberapa nama lainnya.
   
Menurut Suko, nama Untung di Jawa Timur sudah cukup dikenal oleh masyarakat. Selain putra daerah, Untung juga pernah menjabat Kapolda Jatim serta beberapa jabatan pimpinan Polri lainnya. Bahkan sebelum pensiun akhir Oktober 2012, Untung dipercaya sebagai Kapolda Metro Jaya.

Presiden PKS dan Imam Budi Hartono di Depok

PKS Usung Imam Budi Hartono Jadi Bakal Calon Wali Kota Depok, Ahmad Syaikhu: Kinerjanya Bagus

Presiden PKS menginstruksikan kepada seluruh struktur untuk berjuang bersama memenangkan Imam Budi Hartono.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024