Kapolri Minta Kapolda Baru Lampung Tangani Konflik Komunal

Sertijab Kapolda Metro Jaya
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews – Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo melantik Kapolda Lampung yang baru, Brigjen Pol Heru Winarko. Heru menggantikan Brigjen Pol Djodie Roseto yang kini menjadi Kepala Sekolah Pembentukan Perwira Polri Lembaga Pendidikan Polri (Kasetukpa Lemdikpol).

Timur memerintahkan Kapolda Lampung untuk segera menginventarisir dan melakukan pemetaan terhadap persoalan-persoalan yang ada yang ada di Provinsi Lampung. Menurutnya, Lampung adalah pintu gerbang strategis dari Sumatera menuju Jakarta.

“Tugas Kapolda semakin berat seiring pertumbuhan ekonomi. Berbagai bentuk kriminalitas, korupsi, kejahatan narkoba, kerawanan di pelabuhan, dan konflik komunal harus ditangani,” kata Timur di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Selasa 13 November 2012.

Timur mengungkapkan, konflik komunal yang sering terjadi di berbagai daerah, khususnya Lampung, memiliki pola dan kecenderungan yang berulang. Seperti adanya sekelompok masyarakat yang tidak puas terhadap persoalan tertentu dan kemudian menimbulkan kerusuhan.

“Saya perintahkan segera lakukan upaya pencegahan yang komprehensif. Lakukan penegakan hukum secara tegas, humanis dan terukur,” ujar Kapolri.

Kata Shin Tae-yong Usai Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

Ia juga berpesan agar Kapolda baru mengintensifkan komunikasi dengan tokoh-tokoh adat di Lampung. Peran tokoh-tokoh ini sangat penting dalam menyelesaikan masalah-masalah sosial.

“Saya minta terus dianalisis masalah-masalah sosial yang berimplikasi terhadap gangguan kemanan Lampung secara spesifik,” kata Timur.

Kapolda Lampung sebelumnya, Brigjen Pol Djodie Roseto, awalnya direncanakan menjadi Kapolda Jawa Barat menggantikan Irjen Pol Putut Eko Bayuseno yang kini menjadi Kapolda Metro Jaya. Namun skenario tersebut mendadak batal.

Djodie digeser sebagai Kasetukpa Lemdikpol menggantikan Brigjen Ngadino. Sementara Brigjen Ngadino diangkat sebagai Kapolda Sulawesi Utara. Jabatan Kapolda Jabar sendiri ditempati oleh Kapolda Sulawesi Utara Brigjen Tubagus Anis Angkawijaya.

Pergantian itu tertuang dalam Surat Telegram bernomor ST/2161/X/2012 sebagai revisi Surat Keputusan Nomor Kep/645/X/2012 tertanggal 30 Oktober 2012. Batalnya Kapolda Lampung Brigjen Jodie Rooseto menduduki jabatan Kapolda Jabar, disebut-sebut karena situasi di Lampung yang bergolak. (eh)

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu

Kehadiran pasangan AMIN saat penetapan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024–2029 dinilai bisa memberi legitimasi hasil Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024