Belum Puncak Musim Hujan, Banjir dan Longsor Merajalela

banjir di jakarta 18 november 2012
Sumber :
  • ANTARA/Zabur Karuru

VIVAnews - Badan Nasional Penanggulangan Bencana merilis, meski musim hujan belum mencapai puncaknya, bencana banjir dan longsor sudah terjadi di beberapa wilayah sejak Sabtu kemarin. Hingga hari ini, banjir terjadi di Bengkulu, Sumatera Selatan, Pandeglang, Sukabumi, Jakarta, dan Bandung.
Sedangkan longsor terjadi di sejumlah wilayah, antara lain Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Minggu malam, longsor terjadi di Kampung Sungapan, Desa Sadu, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, sekitar pukul 20.00. Selain karena hujan deras, BNPB juga menyebut penggalian pasir di atas bukit ikut mempengaruhi longsor. Empat bangunan dan jalan sepanjang 100 meter tertimpa longsor, akibatnya jalur Soreang-Ciwidey-Bandung macet total.

"Saat ini masih ada dua orang tertimbun longsor yaitu Rostini (30 tahun) dan Tresna Asih Siti (9 tahun). Evakuasi korban masih berlangsung hingga pagi ini," demikian pernyataan tertulis Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Senin, 19 November 2012.

Untuk lakukan evakuasi, BNPB pun mengerahkan 2 ekskavator dan 6 truk sejak dini hari. Tapi material longsor yang dibersihkan baru sekitar 15 meter dari 100 meter.

Selain kabupaten Bandung, longsor juga terjadi di Desa Kelapa Nunggal, Kabupaten Sukabumi. Satu rumah rusak berat tertimpa longsor, namun tak ada korban jiwa.

Sedangkan banjir terjadi di Kampung Kumbang Kampil, Sukaresmi, Pandeglang, Banten sejak Sabtu pukul 16.00 WIB. Ketinggian banjir yang mencapai 1,5 meter menyebabkan 200 rumah terendam. Tak ada korban jiwa dalam bencana ini.

Banjir juga terjadi di Bengkulu yang menggenangi 11 kelurahan. Sedangkan di Sukabumi, banjir terjadi di Kel. Sukarya, Kec. Wurudoyong, Sukabumi, Jabar. Puluhan rumah terendam banjir dan satu rumah terseret banjir.

Di Jakarta, banjir menggenangi puluhan rumah di lima RT di Rawajati, Pancoran, dan Cawang akibat luapan sungai Ciliwung. Beberapa ruas jalan di Jakarta seperti Cempaka Putih, Petamburan, Tomang, dan lainnya juga banjir. Buruknya drainase perkotaan menyebabkan banjir di beberapa lokasi.

Wilayah di Jawa, Bali dan Nusa Tenggara serta sebagian Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi, akan mencapai puncak hujan pada Januari 2013. Meskipun musim hujan diprediksikan normal oleh BMKG, namun ancaman banjir akan tetap tinggi saat Januari hingga Maret 2013.

"Pemanasan global telah berpengaruh terhadap meningkatnya intensitas hujan. Melimpahnya uap air dari laut akibat temperatur air laut yang makin hangat, maka pasokan uap air bertambah sehingga curah hujan turun dengan intensitas tinggi. Banjir, banjir bandang, longsor dan puting beliung harus diwaspadai hingga akhir musim penghujan nanti," ujar Sutopo. 

BNPB telah memetakan seluruh wilayah rawan banjir dan longsor. Peta telah diberikan kepada seluruh BPBD se Indonesia. Masyarakat dapat mengakses peta secara gratis di website BNPB yaitu Geospasial di www.bnpb.go.id dan tersedia tips-tips antisipasi banjir dan longsor. Masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir dan longsor juga diminta tetap waspada.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024