Ketika Cagub Jabar Jalani Tes Kejiwaan

Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki jalani tes kesehatan
Sumber :
  • ANTARA/Agus Beben

VIVAnews - Tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat yang akan bertarung dalam Pilkada Februari 2013 mendatang menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin bandung, Sabtu 24 November 2012. Tak hanya kesehatan fisik, para calon juga menjalani tes kejiwaan.

Ketiga pasangan calon itu adalah Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar, Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki, dan Dede Yusuf-Lex Laksamana. Dalam uji ini, mereka harus menjawab soal psikotes. Isinya terkait bagaimana membangun sebuah provinsi dan mengatur masyarakat.

Ahmad Heryawan (Aher), mengaku bisa menjawab soal psikotes sebanyak 540 dalam waktu yang lumayan lama. "Alhamdulillah saya bisa menjawab tantangan secara psikologis dalam soal psikotes selama 1 jam 10 menit," ujar Aher usai menjalani tes. Secara umum, calon yang diusung Partai Keadilan Sejahtera ini mengaku tak mengalami kendala dalam menjawab soal-soal itu.

Sementara itu, Dede Yusuf yang saat ini menjadi wakil gubernur Jabar mengaku sempat kesulitan menjawab soal psikotes. Kesulitan tersebut bukan tidak bisa, karena harus menjawab dengan tepat dan cermat. "Soal yang diajukan tersebut, berkaitan dengan bagaimana memanajemen masyarakat oleh seorang pemimpin, sehingga butuh jawaban yang tepat dan terarah," papar dia.

"Soal psikologis kejiwaan agak sulit, karena berhubungan dengan sikap kita nanti kepada rakyat, bukan karena apa-apa," tambah calon yang diusung oleh Partai Demokrat ini.

Soal kondisi kesehatan fisik, Dede Yusuf mengaku tidak memiliki gangguan kesehatan secara serius. Dede Yusuf mengaku mendapatkan saran dari dokter untuk terus melakukan olah raga. "Olah raga jangan ditinggalkan, termasuk olah raga tersenyum, karena tersenyum itu menyehatkan jiwa," ujar Dede Yusuf.

Selain olah raga, dia juga diingatkan untuk diet, karena pola makan yang tidak teratur. "Mungkin karena faktor "U" (umur) makanya dokter minta saran saya harus diet," katanya.

Lain lagi dengan Rieke Diah Pitaloka. Cagub yang diusung PDI Perjuangan ini menyatakan soal psikotes yang diajukan bisa dia selesaikan hanya dalam waktu 45 menit."Menurut dr ahli neurolog Dokter Anam, saya dinyatakan bagus ingatan dan otaknya dalam menyerap permasalahan yang ada. Ini menjadi bukti kalau yang disangka orang selama ini, bahwa saya o'on dan tidak bisa apa-apa seperti layaknya Oneng di sinetron tidak terbukti," ujar Rieke.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

"Dan o'on itu hanya di sinetron. Sehingga saya bisa menjawab soal sebanyak 540 selama 45 menit," Rieke menambahkan.

Para Cawagub

Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan

Sementara itu, Deddy Mizwar, calon wakil gubernur yang mendampingi Aher mengaku kaget dengan hasil tes kesehatan dirinya. Sebab, sebagai perokok berat, jantungnya dinyatakan sehat. "Saya kaget saat dicek dokter ahli jantung, jantung saya dinyatakan baik dan sehat. Padahal dalam hal merokok saya perokok berat," ujar Deddy Mizwar.

Namun, dokter menyarankan pemeran Jenderal Naga Bonar ini untuk mengurangi aktivitas merokok demi kesehatan jantung. Sebelumnya, kata Deddy, sudah banyak orang yang meminntanya berhenti merokok. "Insyaallah kalau pabrik rokok dan yang jualan tutup, saya berhenti merokok. Ya mudah-mudahan kalau ada rejeki memimpin Jabar, saya bertahap akan berhenti merokok," katanya.

Sedangkan, pasangan Cagub Rieke, Teten Masduki, mengatakan pemeriksaan yang dilakukan sangat cepat. Hasilnya, kata dia, cukup memuaskan. " Saya dinilai dokter baik jantungnya, bahkan dikatakan seperti olahragawan, karena memang saya jarang merokok juga," ujar Teten.

Dijadwalkan, dua pasang calon lagi akan melakukan tes kesehatan pada Minggu, 24 November 2012. Kedua pasang itu adalah MS Syafiuddin (Yance)-Tatang Farhanul Hakim yang diusung Partai Golkar dan Dikdik Mulyana Arif Mansur-Cecep S. Toyib yang maju dari jalur independen.

Polisi Bongkar Sifat Sopir Truk Ugal-ugalan yang Sebabkan Kecelakaan di GT Halim
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024