NASIONAL

Guru TK Diwajibkan Pintar Nyanyi Lagu Anak-anak

"Guru-guru TK harus bisa menyanyi. Jadi, dia bisa menstransfer."

ddd
Minggu, 25 November 2012, 16:48 Antique, Nina Rahayu
Guru TK sedang mengajar muridnya
Guru TK sedang mengajar muridnya (U-Report)

 

VIVAnews - Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat menyatakan bahwa ke depan, pemerintah akan mewajibkan calon Guru Taman Kanak-kanak (TK) untuk bisa menguasai lagu anak-anak.

"Guru-guru TK harus bisa menyanyi," kata Deputi Menko Kesra Bidang Koordinasi Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Sugihartatmo di acara Indonesia Berdendang di Jakarta, Minggu 25 November 2012.

Menurutnya, proses belajar di level anak dimulai dari usia tiga hingga empat tahun. Dari sinilah, lagu anak mulai diajarkan oleh pendidik, para guru TK pun harus dibekali pelatihan secara khusus sebelum bekerja sebagai tenaga pengajar.

"Bahwa di dunia anak-anak itu harus diajarkan nilai-nilai kan, baik menyanyi karena itu salah satu cara untuk mereka bisa menyerap nilai-nilai," tutur Sugi.

Selain pendidik, Sugi melanjutkan, diharapkan peran serta para musisi Indonesia juga dapat berperan penting dalam dalam membumikan lagu anak-anak, dan diharapkan mereka mampu membuat acara hiburan berisikan lagu anak-anak.

"Banyak band-band kita juga menyanyikan ulang, lagu 'Pelangi' dan bisa ngetop. 'Ambilkan Bulan Bu', begitu dinyanyikan band Indonesia bisa hits semua. Mari kita lombakan juga festival lagu anak," jelasnya.

 



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com