Kapolres Dharmasraya Disandera, 10 Jadi Tersangka

Bentrok Antar Warga di Lampung
Sumber :
  • Antara/Kristian Ali

VIVAnews - Polisi telah menetapkan sejumlah tersangka yang diduga terlibat aksi kekerasan dan penyanderaan terhadap Kapolres Dharmasraya, Sumatera Barat, pada Sabtu lalu 24 November 2012.

"Menurut informasi ada 10 orang ditetapkan sebagai tersangka, terkait masalah penyanderaan," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol. Boy Rafli Amar di Jakarta, Rabu 28 November 2012.

Polisi, kata Boy, akan memproses secara hukum orang-orang yang melakukan kekerasan dan penyanderaan itu. Polisi juga akan tetap mengusut kasus penambangan ilegal yang dilakukan para tersangka. "Kasus penambangan ilegalnya masih diselidiki," ujarnya.

Aksi saat polisi melakukan penertiban tambang emas illegal di Sitiung 5. Lokasi itu jaraknya sekitar 20 kilometer dari kantor Polsek Koto Baru. Setelah menangkap dua penambang ilegal, Kapolsek Koto Baru Iptu Yana Wijaya kembali ke lokasi penambangan untuk mengambil barang bukti. Kapolsek didampingi tiga anggotanya.

Namun, saat tiba di lokasi, Iptu Yana dan tiga anak buahnya dikepung olehh sekitar 500 orang. Mereka meminta dua teman mereka yang ditahan polisi untuk segera dibebaskan. Situasi semakin memanas. Empat polisi itu tidak bisa keluar lokasi penambangan yang sudah dikepung.

Saat disandera warga, Iptu Yana sempat mengirim pesan pendek kepada Kapolres Dharmasraya AKBP Chairul Aziz. Setelah menerima pesan itu, Chairul dan 15 personel Polres meluncur ke lokasi.

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini

Chairul berniat membebaskan sang Kapolsek. Namun, dia justru lagi-lagi dikepung oleh warga dan sempat mendapat perlakuan kasar. Aksi kekerasan pun terjadi. Akibatnya, empat anggota polisi harus dirawat di rumah sakit setempat karena diamuk warga.

Aksi penyanderaan itu berlangsung selama lima jam. Para polisi baru dibebaskan setelah dua tersangka penambangan liar dibebaskan. Hingga kini, dua tersangka yang dibebaskan itu belum ditemukan kembali. "Dua tersangka itu belum ditahan kembali. Tapi proses hukum tetap berjalan," kata Boy Rafli Amar.

Kegiatan kelompok usaha PT Bumi Resources Tbk.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mencatatkan pendapatan secara konsolidasian mencapai US$6,57 miliar di sepanjang tahun 2023. Tercatat, bahwa pendapatan BUMI berdasarkan PSAK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024