Mendagri Perintahkan Gubernur Jabar Panggil Bupati Garut

Gamawan Fauzi
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews – Bupati Garut Aceng Fikri menjadi sorotan setelah menikahi gadis 18 tahun secara siri selama empat hari. Ia kemudian mencerai gadis itu hanya lewat pesan singkat atau SMS.

Perbuatannya itu memancing kemarahan masyarakat luas. Untuk itu Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menginstruksikan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan untuk secepatnya memanggil Aceng agar dimintai klarifikasi langsung.

“Pak Gubernur selaku pembina daerah Jawa Barat akan memanggil segera yang bersangkutan. Harusnya seorang kepala daerah menjadi contoh dan teladan,” kata Mendagri Gamawan Fauzi di Jakarta, Kamis 29 November 2012.

Apapun, Mendagri tak dapat memberi sanksi kepada sang bupati karena soal nikah siri tidak diatur dalam Undang-Undang Pemerintahan Daerah. “Silakan masyarakat Garut sendiri yang menilai bupati mereka,” ujar Gamawan.

Bupati Garut sebelumnya telah dilaporkan ke Lembaga Perlidungan Anak Kabupaten Garut. Pelapor adalah pihak keluarga gadis yang sempat dinikahinya secara siri.

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

Aceng sendiri mengaku sudah memberi kompensasi kepada korban dan menyelesaikan kasus itu secara kekeluargaan beberapa bulan silam. (umi)

Reskrim Polres Metro Jakarta Barat meringkus sipir taksi online bernama Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Reskrim Polres Jakarta Barat, meringkus sopir taksi online, Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya. Dia sedang istirahat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024