Polri Diminta Tangkap Aktor Utama Kasus Century

Bank Century
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Mochamad Nashihan, kuasa hukum dua tersangka kasus dugaan pencucian uang Bank Century, berharap agar Mabes Polri juga menangkap aktor utama penyalahgunaan dan pembobolan dana senilai Rp1,4 triliun di bank itu.

"Penyidik harus menetapkan tersangka dari pihak lainnya. Terkait sengketa Yayasan Fatmawati dengan dana Bank Century," kata pengacara tersangka Bank Century, Mochamad Nashihan di Jakarta, Jumat 30 November 2012.

Pengacara dari tersangka RM Johanes Sarwono, Stevanus Farok, dan Umar Muchsin itu, mengatakan, tokoh utama itu berinisial ST. Ia diduga sebagai pihak pembeli kedua aset Yayasan Fatmawati berupa lahan seluas 2,2 hektare yang disinyalir dibeli dengan harga yang lebih mahal. Hasil penjualan tanah itu dibayarkan sebesar Rp20 miliar kepada oknum Yayasan Fatmawati.

Menurut Nashihan, kasus Bank Century termasuk perdata, karena kliennya telah menyelesaikan masalah sengketa lahan Yayasan Fatmawati sejak 2003 hingga 2006.

Nashihan mempertanyakan sikap "tebang pilih" penyidik menangani kasus pencucian uang Bank Century. Penyidik diminta menetapkan tersangka kepada sejumlah pimpinan Yayasan Fatmawati yang tersangkut kasus tersebut.

Jika kepolisian menyimpulkan Yayasan Fatmawati terkait skandal Bank Century, Nashihan menyebutkan penyidik harus menetapkan dan menahan tersangka lainnya.

Sebelumnya, penyidik Mabes Polri telah melimpahkan tahap kedua berkas perkara dan barang bukti beserta tiga tersangka, yakni Johanes, Stevanus dan Umar terkait kasus skandal Century kepada kejaksaan.

Stevanus diduga menerima uang Rp4,6 miliar, Umar mendapat Rp15,7 miliar, dan Sarwono Rp40,3 miliar dari pemilik Bank Century, Robert Tantular. (art)

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga
Praz Teguh.

Praz Teguh Nilai Wanita dari Mata Kaki, Reaksi Netizen Pro Kontra

Bagi Praz Teguh, ketika melihat seorang wanita ia tidak suka memandangi bagian dada ataupun pinggang yang menunjukkan seberapa seksi tubuh wanita itu. Tapi dari mata kaki

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024