Majukan Ekonomi, Jatim Gandeng China

Soekarwo alias Pakde Karwo.
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Gubernur Jawa Timur Soekarwo menggandeng China untuk bekerjasama meningkatkan pertumbuhan ekonomi, budaya, pendidikan dan kesehatan. Kesepakatan kerjasama itu tercetus dan ditandatangi di Kantor Gubernur Jatim di Jalan Pahlawan Surabaya, Selasa 4 Desember 2012.

"Ini lebih mempererat hubungan pemerintah Indonesia, khususnya di Jatim dengan pemerintah Republik China," kata Soekarwo usai menerima Konjen China Mr. Liu Jianchao, Selasa 4 Desember 2012 malam.

Pakde Karwo, sapaan akrabnya, menyebut penduduk Jatim sangat banyak dengan jumlah mencapai 37 juta jiwa. Itu menunjukkan iklim investasi yang ada di Jatim juga sangat menjanjikan.

Sukarwo menyebut, masyarakat Tionghoa yang tinggal dan bekerja dengan jumlah yang sangat banyak, dan mereka sudah menjadi bagian dari masyarakat Jatim.

Dijelaskannya, terdapat kesamaan antara Negara China dengan Provinsi Jatim. Jika Negara China terus bergerak cepat dalam hal pembangunan di bidang industri, begitu juga dengan pertumbuhan ekonomi di Jatim yang terus mengalami kenaikan signifikan.

"Kami menawarkan kerjasama di berbagai bidang kepada Konjen China, karena iklim investasi di Jatim sangat menjanjikan dan sejuk serta di dukung oleh situasi keamanan dan kenyamanan masyarakatnya," tegasnya.

Pakde berharap, China bisa mendorong kemajuan dengan banyak melakukan hubungan kerjasama di berbagai bidang khususnya di Jatim. Sebaliknya Provinsi Jatim akan memberikan kemudahan jika berinvestasi. Hal ini dibuktikan dengan menyediakan pasokan energi listrik yang cukup, tersedianya lahan yang murah, perizinan yang mudah dan pasti, sekaligus menyediakan tenaga kerja yang terampil.

Sementara, Konjen China Mr Liu merasa bangga melihat pembangunan dan perkembangan ekonomi di Jatim termasuk Surabaya saat ini.

"Kami bangga, karena Tiongkok dan Jatim sudah menjalin hubungan kerja sama sejak dahulu dan sudah mengalami perubahan pesat. Saya juga mendengar provinsi Jatim juga menjalin hubungan kerja sama dengan provinsi di Tiongkok lainnya," kata Liu. (umi)

Motor Delapan Silinder Asal China Siap Meluncur
Menhan Prabowo Subianto bertemu dengan eks PM Britania Raya Tony Blair.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Pertemuan Tony Blair dengan Prabowo dilakukan di kantor Kementerian Pertahanan, Jumat hari ini.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024