Kompol Novel Kembali ke Polri, KPK Disodori 30 Nama

Penyidik KPK, Komisaris Pol. Novel Baswedan
Sumber :
  • Facebook Novel Baswedan

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus kehilangan 13 penyidiknya yang berasal dari Kepolisian RI. Dari 13 penyidik itu, satu di antaranya adalah Komisaris Pol. Novel Baswedan yang pernah akan ditangkap satuannya sendiri atas tuduhan terlibat kasus penembakan pencuri sarang burung walet selama dia menjabat Kasat Reskrim di Polres Bengkulu.

Kepala Badan Reserse Kriminal Komjen Sutarman mengatakan Polri tidak menarik para penyidik itu. Para penyidik itu kembali ke Polri karena masa tugas mereka di KPK telah habis. "Kami tidak menarik penyidik. Yang ada, mereka telah habis masa kerjanya, masa penugasannya, dan akan kembali ke Polri," ujar Sutarman di gedung DPR, Jakarta, Rabu 5 Desember 2012.

Sutarman mengimbau semua pihak agar tidak mengait-ngaitkan kembalinya para penyidik iniĀ  dengan kasus-kasus yang sedang ditangani oleh KPK. "Kebetulan memang habis. Jadi jangan dikait-kaitkan," tutur Sutarman.

Yang pasti, kata dia, Polri sangat mendukung upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh KPK. Karena itu, Polri sudah menyiapkan penggantinya. "Kapan pun dan berapa pun yang diminta, kami siapkan," katanya.

Saat ini, Polri sudah mengajukan 30 nama penyidik untuk menggantikan para penyidik yang kembali itu. "Kami sudah menawarkan, tapi belum diterima, belum ditindaklanjuti. Surat resmi oleh SDM sudah dikirim kemarin," ujar Sutarman. (umi)

Government to Form Special Task Force for Handling Online Gambling
Aksi Anti Nuklir Greenpeace

Deretan Negara yang Miliki Pesawat Canggih Anti-Nuklir di Dunia

Secara umum, pesawat digunakan sebagai sarana transportasi penumpang untuk keperluan komersial, namun beberapa juga dimanfaatkan sebagai perlindungan dai serangan nuklir.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024