Mahfud MD: SBY Tak Pernah Intervensi MK

Mahfud MD
Sumber :
  • ANTARA

VIVAnews - Lima hakim konstitusi mengakhiri masa jabatannya tahun depan. Hari ini, Rabu 5 Desember 2012, mereka berpamitan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara. Dalam pertemuan itu mereka menyampaikan kesannya selama lima tahun menjadi hakim konstitusi.

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menyampaikan bahwa ada kebanggaan mengabdi sebagai hakim konstitusi. "Kami merasa bangga dan merasa puas, karena Mahkamah Konstitusi dikenal sebagai lembaga yang kredibel dan independen," ujar Ketua Mahkamah Konstitusi  Mahfud MD dalam pertemuan itu.

Mahfud menuturkan bahwa selama bekerjasama dengan Presiden SBY, tidak ada intervensi apapun terhadap MK. "Kami percaya diri. Di masa lalu atau di negara lain, lembaga peradilan tidak independen karena kadang kala Kepala Pemerintahannya suka intervensi," ungkapnya.

Mahfud berkisah bahwa dalam pertemuan dengan MK internasional kemandirian MK sering dipuji. Utusan dari negara lain kerap bertanya kenapa MK Indonesia begitu hebat, begitu progresif, membuat vonis-vonis yang menggegerkan, apa tidak ada gangguan dari pemerintah.

"Saya jelaskan bahwa Presiden kami tidak pernah ikut campur di dalam urusan MK'," kata Mahfud.

Mahfud merasa bangga bahwa MK Indonesia masuk ke dalam peringkat 10 MK terbaik di dunia, seperti yang ditulis oleh penulis buku MK di Amerika Serikat. Buku ini diterbitkan pada September 2012.

"Penghargaan itu dibangun karena independensi dan progresifitas. Hakim konstutisi tidak mau diintervensi oleh siapapun. Kami, sembilan hakim, penuh tanggungjawab. Meskipun sering ada fitnah disana sini, tapi kami katakan selalu terbuka untuk dibuktikan kalau ada hal-hal yang tidak baik di MK," kata Mahfud.

Rahasia kekompakan para hakim konstitusi selama ini, tutur Mahfud, karena setiap hari mereka senantiasa berkumpul secara fisik antara sejak pukul 09.00 hingga pukul 17.00.

"Sehingga kami bekerja terbuka, dan tahu hati masing-masing. Perbedaan pendapat sama sekali tidak menimbulkan kecurigaan, karena kita tahu punya perspektif mengenai satu kasus," kata Mahfud.

Prediksi Premier League: Brentford vs Manchester United
Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka

Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024

Gibran Rakabuming Raka menerima ucapan selamat usai ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024 dari Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Khaled bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024