Teleskop Pencari Planet Mirip Bumi

VIVAnews – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan mencari planet-planet baru di galaksi yang mirip seperti planet bumi. NASA akan meluncurkan alat pencari planet yang diberi nama Kepler ke luar angkasa.

Kepler akan diluncurkan oleh NASA pada Jumat, 6 Maret 2009 malam waktu setempat dari Cape Canaveral. Alat tersebut berbentuk seperti teleskop dan akan menghabiskan waktu 3,5 tahun untuk meneliti secara acak 100.000 bintang yang ada ruang angkasa.

Kepler akan mengukur cahaya bintang tersebut karena kemungkinan bintang-bintang yang bercahaya itu adalah planet yang bisa ditinggali oleh manusia.

"Sangat mungkin bumi juga memiliki tetangga berupa planet lain yang bisa dijadikan tempat tinggal oleh manusiae," kata juru bicara NASA, Ed Weiler.

Kepler akan mencari planet yang bentuknya mirip bumi dengan mengitarinya. Saat diluncurkan, Kepler akan menciptakan jejak dari bumi ke orbit di sekitar matahari.Bintang yang diteliti oleh Kepler jaraknya antara 600 hingga 3000 tahun cahaya.

Kepler memiliki tinggi 4 meter dan diameternya 2 meter. Pembuat teleskop Kepler itu memakan biaya sampai Rp 72 miliar.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka
Erik Ten Hag

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

Manajer Manchester United, Erik ten Hag telah mencermati tiga pemain tim U-18 yang menampilkan performa menarik pekan ini. Dia membawa para pemain tersebut gabung latihan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024