NASIONAL

VIDEO: Langgar Syariah Islam, 10 Orang Dicambuk di Aceh

Satu-persatu digiring ke atas panggung dan dicambuk di hadapan umum.
Kamis, 13 Desember 2012
Oleh : Anggi Kusumadewi
Pelaksanaan hukum cambuk di Aceh Barat.

VIVAnews – Sepuluh orang pelanggar syariah Islam dieksekusi cambuk di halaman Masjid Agung Meulaboh, Aceh Barat, Rabu 12 Desember 2012. Mereka dicambuk di hadapan khalayak umum karena berjudi dan bermesraan dengan orang yang bukan muhrim.

Dari sepuluh pelanggar syariah Islam itu, sembilan di antaranya pria dan satu perempuan. Eksekusi cambuk dilakukan oleh algojo yang berpenutup muka hitam. Para pelanggar digiring satu-persatu ke atas panggung dan dicambuk.

Masyarakat yang menyaksikan pelaksanaan hukum cambuk itu tak jarang merekam eksekusi itu dengan ponsel mereka, sementara sang pelanggar tampak meringis kesakitan sambil menutup muka dengan tangan mereka. Namun hukum cambuk ini berlangsung singkat.

Lihat videonya di tautan ini.

Usai dicambuk, kesepuluh orang pelanggar syariah Islam itu langsung dibawa ke rumah sakit untuk dirawat. Awalnya, ada 16 orang yang direncanakan dihukum cambuk. Namun karena 6 pelanggar lain sedang tidak berada di Aceh Barat, maka eksekusi hanya dilakukan terhadap 10 orang yang ada.

Bupati Aceh Barat, Alaidin Syah, mengatakan hukum cambuk itu merupakan bagian dari pembinaan masyarakat sekaligus penegakan syariah Islam. (adi)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found