Flu Burung Bantai Ribuan Ekor Ayam di Jambi

Wabah flu burung
Sumber :
  • Antara/Nyoman Budhiana

VIVAnews - Beberapa pekan terakhir, ribuan ekor ayam mati mendadak di Kabupaten Murojambi, Provinsi Jambi. Empat desa yang ayamnya mati mendadak di Desa Nagasari, Kumpeh, Simpang Selat dan Talang Duku sudah dipastikan terserang virus flu burung.

Tidak berhenti di situ, Dinas Peternakan Kabupaten Muarojambi baru mendapat laporan warga bahwa di Kecamatan Sekernan dan Sengeti ratusan ayam kembali mati mendadak.

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya

"Ada sekitar seratus lebih ayam mati mendadak lagi. Gejalanya persis sama dengan desa lain yang terserang flu burung," kata Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Muarojambi, Parahuman Lubis, Kamis 20 Desember 2012.

Dijelaskannya, setelah mendapatkan laporan warga, pihaknya langsung turun ke lapangan dan melakukan penyemprotan desinfektan. "Langsung kita semprot ayam dan kandangnya, supaya virus flu burung tidak menyebar," jelasnya.

Berulang kali Dinas Peternakan Muarojambi diakui Lubis melakukan sosialisasi kepada peternak agar menjaga kebersihan kandang. Sehingga serangan virus flu burung dapat diantisipasi sendiri oleh peternak.

"Jika ayam yang diternak mati mendadak, kami harapkan segera melaporkan kepada petugas Dinas Peternakan, agar langsung dilakukan penyemprotan," ujarnya.

Meskipun banyak ayam yang mati di Muarojambi, namun Lubis membantah dikatakan mewabah. "Memang akhir-akhir ini banyak, tapi bukan mewabah. Flu burung timbul juga bisa karena pengaruh cuaca," katanya.
  
Selain itu, setiap daerah yang terserang flu burung setelah dilakukan penyemprotan desinfektan dikatakan Lubis tidak ada lagi ayam yang mati. "Berarti virusnya sudah mati dan tidak menyerang ayam lain," jelasnya. (ren)

Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto
Ilustrasi anak-anak .

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Dalam masa golden age itu, terjadi juga perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, serta ekspresi emosi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024