Debat Cagub Jabar Tiru Model Amerika Serikat

Pembagian nomor urut peserta Pilkada Jawa Barat
Sumber :
  • Antara/ Agus Bebeng

VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum Daerah Jawa Barat akan menggelar debat kandidat gubernur sebelum pemilihan pada Februari 2013. Konsep debat itu akan mengadopsi model yang sudah dipraktikkan di Amerika Serikat.

"Pada debat kandidat gubernur, kami akan adopsi debat kandidat pemilihan Obama di Amerika," kata Kketua Pokja Kampanye KPU Jabar, Teten W Setiawan di Bandung, Jumat 21 Desember 2012.

Dia menjelaskan, debat gaya Amerika ini akan dilaksanakan di Kampus UI Depok, dan Unpad di Bandung. Debat ini hanya dihadiri para rektor dan akademisi dari berbagai universitas negeri dan swasta yang ada di Jawa Barat. "Debat ini hanya akan dipandu satu panelis senior. Kami siapkan rektor yang mengatur alur debat. Tidak ada tim sukses atau kader dalam kegiatan ini," kata Teten.

Konsep debat calon yang mengadopsi gaya Amerika ini baru pertama kali di Indonesia. Ia berharap langkah ini sebagai bagain perbaikan proses demokrasi negeri ini. "Masyarakat bisa melihat langsung di televisi. Saya berharap masyarakat bisa benar-benar melihat kualitas dan kapsitas yang nantinya akan memimpin mereka di Jabar," jelasnya.

KPU Jabar berharap proses debat terbuka yang melibatkan para akademisi bisa mencerahkan masyarakat. Masyarakat bisa melihat calon kandidat gubernur dari sisi lain selain popularitas. "Biaya pemilihan gubernur itu besar dan mahal. Kami berharap masyarakat benar-benar memahami pemimpin yang dipilihnya. Dan tidak menyesal dengan pilihannya," Asep menjelaskan. (umi)

Prediksi Premier League: Brentford vs Manchester United
Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka

Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024

Gibran Rakabuming Raka menerima ucapan selamat usai ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024 dari Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Khaled bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024