Setidaknya 10 Anggota DPR Terkait Korupsi pada 2012

Kampanye terbuka Partai Demokrat di Yogyakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Partai Demokrat menjadi sorotan publik belakangan ini, pasalnya ada beberapa anggotanya terlibat korupsi dalam proyek pembangunan di Indonesia. Mantan menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Malaranggeng menjadi anggota penutup di akhir tahun ini yang menjadi tersangka dan ditetapkan oleh KPK.

Divisi Advokasi Pukat UGM, Oce Madril mengatakan secara umum korupsi itu melekat pada kekuasaan. Disetiap parpol ada kemungkinan masuk dalam perangkap korupsi itu. "Berdasarkan catatan kami, 10 anggota DPR dijerat korupsi, 6 dari Partai demokrat. Kalau dibandingkan dengan periode sebelumnya, memang agak banyak dan agak ugal-ugalan mafia di Banggar," ujar Oce dalam diskusi diwarung Daun dengan tema Setahun wajah hukum Indonesia, Sabtu 22 Desember 2012.

Oce manambahkan, jika melihat hal ini sikap tegas memang tidak ada dalam partai politik bahkan ada kecenderungan sekarang perintah presiden tidak dijalankan dikalangan bawah.

Untuk partai Demokrat, kata dia, sebenarnya Presiden sudah banyak kasih sinyal dimana kalau ada anggota yang terlibat korup harus keluar, "Tapi masalahnya tidak ada yang merasa terlibat. Kalau menurut saya, pecat saja, ini membuat ketakutan bagi partai untuk melakukan praktik korupsi," jelas dia.

Divisi Komunikasi Publik Partai Demokrat, Hinca Panjaitan, yang juga hadir dalam diskusi itu menjelaskan bahwa pengunduran diri Andi menujukkan bahwa dia mempunyai jiwa besar untuk mempertangungjawabkan perbuatannya. Dia bahkan mundur saat tahu bahwa dia dicekal, sebelum surat pencekalan itu dikirim dan sebelum ditetapkan sebagai tersangka.

"Ini menunjukan bahwa kader partai Demokrat bisa melakukan langkah kesatria seperti itu. Jadi kalau ada yang meminta agar kader partai yang bermalasah harus mundur, partai kami sudah melakukannya," kata Hinca.

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel
Mensos Risma

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Dalam acara bertajuk YouTube Seribu Kartini Beda Tapi Sama di Jakarta, Jumat,19 April 2024, Menteri Sosial Risma mengemukakan bahwa seorang kreator konten tidak takut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024